Brilio.net - Narkoba jenis happy five yang diduga dipesan putra aktor Jeremy Thomas, Alex Matthew Thomas beberapa waktu lalu memang hanya mengandung lima miligram kandungan zat aktif. Namun hal itu sudah mampu membuat penyalahgunanya berhalusinasi. Dalam jangka panjang, halusinasi yang diberikan jenis psikotropika itu bisa mengubah cara bicara menjadi cadel.

Ahli kimia farmasi dari Badan Narkotika Nasional (BNN), Kombes Pol Mufti Djusnir mengungkapkan mereka yang menyalahgunakan jenis psikotropika ini organ sarafnya perlahan rusak.

"Pernah melihat kayaknya cowok ini macho, tetapi kalau ngomongnya cadel? Karena ada sesuatu yang membuat dia begitu. Dulu dia ngomongnya lurus kok sekarang berubah," tutur dia di kantor BNN, Jakarta, beberapa waktu lalu.

"Apabila penggunaannya sudah menahun, sehingga semakin lemah daya tahan tubuhnya semakin cepat pula terjadinya kerusakan organ saraf (yang menyebabkan salah satunya adalah gangguan syaraf di lidah)," tambahanya dikutip Antara.

Selain cadel, pengguna happy five juga biasanya berjalan sempoyongan dan berbicara ngaco. Efek yang lebih berbahaya lainnya adalah mengalami gangguan daya pikir.

Loading...

"Reaksinya enggak lama. Kalau dia konsumsi, 15-25 menit sudah bereaksi, merasa harus istirahat. Kalau dia tetap beraktivitas sementara obat menyuruh otak tidur, akhirnya sempoyongan jalan. Akhirnya jadi ngaco, kadang-kadang ngomognya ngaco," papar Mufti.

Maka dari itu jangan sekali-sekali dekati narkoba ya Guys!