Brilio.net - Sepeda motor adalah salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan di Indonesia. Selain harganya yang relatif murah, konsumsi bahan bakarnya juga irit. Sepeda motor juga bisa dibilang kendaraan yang tak memerlukan banyak waktu untuk menempuh jarak yang jauh.

Perawatan sepeda motor hendaknya dilakukan secara rutin demi kehandalan mesin. Bila tidak, kita akan yang menanggung dampak kerusakan pada sepeda motor tersebut. Permasalahan yang sering dialami adalah mogok secara tiba-tiba. Hal ini bisa membahayakan keselamatan diri dan keluarga dalam berkendara.

Tapi tenang, masalah tersebut bisa diatasi dengan cepat. Kita cukup mengecek sepeda motor mogok dari beberapa kondisi suku cadang. Nah, apa saja kondisi tersebut? Bagaimana solusi praktis bila terjadi mogok secara mendadak? Yuk simak cara-cara berikut yang dilansir dari berbagai sumber pada Kamis (2/5).

1. Cek bensin.

motor mogok tengah jalan © 2019 brilio.net

Loading...

foto: Freepik

Kehabisan bensin adalah masalah yang sering timbul dari kasus mogok secara spontan. Sebaiknya, cek persediaan bahan bakar terlebih dahulu sebelum bepergian. Solusinya, kamu cukup cari pom bensin atau pom mini terdekat untuk pertolongan pertama. Ingat, jangan keseringan kehabisan bensin di jalan, hal ini dapat menimbulkan kotoran yang ada dalam tangki menyumbat saluran bensin.

2. Lihat keran bensin.

motor mogok tengah jalan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@vintagedecals

Keran bensin adalah alat pengatur debit bensin yang disalurkan ke dalam tempat pembakaran. Jika keran bensinmu bocor atau tidak rapat, wajar bila sepeda motormu mogok seketika. Segera atur kembali keran bensin agar tak menimbulkan kebocoran.

3. Ventilasi tangki tersumbat.

motor mogok tengah jalan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@opa_vintage

Banyak yang tahu bahwa tutup tangki mempunyai lubang kecil. Namun tak semua orang tahu apa kegunaan lubang tersebut. Lubang berguna sebagai penyeimbang sirkulasi udara. Hal ini menghindari kevakuman yang terjadi jika bensin berkurang. Biasanya yang menyumbat ventilasi tersebut adalah debu yang hendak masuk ke dalam tangki.

4. Busi kotor.

motor mogok tengah jalan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@milandarmadi

Busi yang lama tak diganti akan semakin hitam. warna tersebut timbul dari panas percikan api busi. Keadaan ini memungkinkan busi tidak memercikkan api. Cara pemulihannya adalah copot terlebih dulu busi dari kabel, bersihkan dengan amplas, gosok bagian ujungnya, lalu pasang lagi. Jika mesin tetap tak menyala, coba cari bengkel terdekat untuk beli busi baru.

5. Overheat.

motor mogok tengah jalan © 2019 brilio.net

foto: Freepik

Overheat adalah kondisi dimana mesin terlalu panas. Hal ini muncul dari sistem pembakaran atau dari gesekan seker atau lebih dikenal dengan piston. Kondisi ini membuat piston memuai akibat panas berlebih. Mogok bisa dicegah dengan mengisi oli secara rutin.

6. Periksa setelan klep.

motor mogok tengah jalan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@vipracingpartsindonesia

Kondisi klep yang terlalu rapat mengakibatkan mesin mati. Jika celah pada klep terlalu dekat, akan menimbulkan suhu yang amat tinggi. Caranya dinginkan mesin terlebih dahulu. Setelah dingin, lepaskan busi dan gantilah oli lama dengan yang baru.