Brilio.net - Manajemen PMO Kartu Prakerja baru-baru ini mengingatkan, bagi peserta Kartu Prakerja gelombang 14 untuk segera membeli pelatihan pertamanya.

Dikutip brilio.net dari akun Instagram resmi Kartu Prakerja @prakerja.go.id, Selasa (13/4), batas pembelian pertama pelatihan bagi peserta program Kartu Prakerja gelombang 14 akan ditutup Kamis, 15 April 2021.

peringatan penutupan pembelian prakerja Instagram

foto: Instagram/@prakerja.go.id

"Batas akhir pembelian pelatihan pertama bagi penerima Kartu Prakerja Gelombang 14 adalah tanggal 15 April 2021 pukul 23.59 WIB," seperti yang brilio.net kutip dari akun Instagram resmi @prakerja.go.id.

Setiap penerima Kartu Prakerja diberikan waktu 30 hari untuk melakukan pembelian pelatihan pertamanya mulai dari ketika mendapat SMS pengumuman dari Kartu Prakerja. Hal ini sendiri sudah mengacu pada peraturan Permenko No. 11 Tahun 2020.

Bagi peserta gelombang 14 yang belum membeli pelatihan pertama, akan diingatkan untuk segera melakukan pembelian pertamanya sebelum batas pembelian berakhir. Jika tak membeli pelatihan hingga batas waktu yang sudah ditentukan, maka keanggotaan Kartu Prakerja akan hangus.

"Bila lewat dari tanggal tersebut Sobat belum membeli pelatihan pertama, maka kepesertaan Sobat dalam program Kartu Prakerja akan dicabut," kata admin @prakerja.go.id.

Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja sendiri sudah mencabut kepesertaan sekitar 11 ribu orang pada gelombang 12, dengan alasan, para peserta memang tak melakukan pembelian pelatihan pertama dalam waktu 30 hari setelah ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja.

"Hal ini sangat memprihatinkan karena banyak orang ingin bergabung tetapi tidak mendapat kesempatan, sementara mereka yang sudah terpilih malah menyia-nyiakan kesempatan untuk meningkatkan kompetensi sekaligus memperoleh bantuan sosial," tutur Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu.