Brilio.net - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengonfirmasi dirinya positif virus corona atau Covid-19. Hal ini berdasarkan tes PCR atau swab yang dilakukan Anies pada Senin (30/11).

"Setelah berkonsultasi dan sesuai dengan arahan dokter, saya akan menjalani isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan tim medis," kata Anies dalam video dan keterangan tertulis yang diterima, seperti dilansir brilio.net dari akun Instagram @aniesbaswedan, Selasa (1/12).

Ia menjelaskan hasil tes swab keluar pada Selasa dini hari (1/12).

"Saya akan menjalani isolasi mandiri," ucap Anies.

anies baswedan corona © Instagram

Loading...

-© Instagram/@aniesbaswedan

Sebelum Anies, Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria juga terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta pada Jumat (27/11). Riza mengaku saat ini pihaknya tengah menjalankan isolasi mandiri.

"Alhamdulillah, meskipun hasil testing pada Jumat (27/11) menunjukkan positif Covid-19, namun kondisi saya tetap dalam keadaan baik dan terkendali," kata Riza dalam keterangan pers seperti dilansir brilio.net dari Merdeka.com.

Politikus Gerindra tersebut mengatakan sebelum dinyatakan positif telah melakukan tes swab selama dua kali berturut-turut. Yakni pada Kamis (26/11/2020) dengan hasil negatif, dan lalu dilanjutkan tes yang sama pada Jumat (27/11) dengan hasil terkonfirmasi positif.

"Jadi, temuan positif Covid-19 ini adalah dari lingkungan pekerjaan, di mana ada staf saya yang tertular dari klaster keluarganya," ujarnya.

Selain itu, ia juga menyatakan staf dan anggota keluarga telah menjalankan tes swab Covid-19. Riza juga terus mengimbau agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

"Mohon doanya agar kita semua dalam kondisi sehat walafiat. Jakarta belum terbebas dari pandemi Covid-19. Jangan ragu dan takut untuk saling mengingatkan Protokol 3M. Tetap tingkatkan iman, imun, dan aman bahkan hingga di dalam lingkup keluarga kita," tukasnya.