Brilio.net - Gempa yang terjadi di Banten mengagetkan masyarakat pada Jumat (2/8) malam. Sebab, gempa yang berpusat di Sumur, Pandeglang ini juga turut dirasakan di kota-kota lainnya.

Menurut informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bermagnitudo 7,4 ini berpotensi tsunami dan langsung mengeluarkan peringatan dini di berbagai wilayah.

Namun uniknya, warganet malah mengungkapkan kerinduan kepada mantan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, almarhum Sutopo Purwo Nugroho. Semasa hidupnya, pria yang akrab disapa Pak Sutopo ini memang kerap memberikan informasi nomor satu terkait bencana yang terjadi di dalam negeri.

Almarhum diketahui selalu memberi imbauan dan klarifikasi soal kabar-kabar yang bersliweran di media sosial. Berkat klarifikasinya tersebut, kabar hoax pun bisa ditangkal.

Usai mengembuskan napas terakhir pada 7 Juli 2019 lalu, tidak ada lagi klarifikasi ataupun informasi soal bencana dari almarhum Sutopo. Hal ini membuat warganet merindukan sosok Sutopo di media sosial. Kerinduan ini dituangkan warganet melalui cuitan-cuitan yang terlihat pada malam ini di lini masa Twitter.

Loading...

Seperti yang diungkapkan oleh akun Twitter @fathiyah_carey. Ia mengungkapkan kalau sedang ada kejadian gempa seperti ini, informasi dari Sutopo lah yang paling ditunggu-tunggu.

"Kalo gempa yg diinget ya Pak Sutopo. We miss you Pak," ujarnya.

Selain itu, akun @gembellganteng mengunggah foto tangkapan layar akun Twitter Sutopo. Dalam captionnya ia menuliskan, kalau akun itulah yang selalu memberikan informasi paling update soal gempa atau apapun bencana yang terjadi di Indonesia.

"Biasanya akun ini sudah update untuk menjelaskan dan menenangkan. Seketika ingatan membawaku ke akun ini. Al-Fatihah untuk Pak Sutopo, semoga selalu diberi tempat terbaik di sisi-Nya," kata pemilik akun tersebut.

Akun @_DimassSeno juga merindukan tips-tips dari Sutopo ketika terjadi bencana. Tips tersebut memang sangat berguna bagi masyarakat untuk menghindari kepanikan.

"Darimu pak, kami semua belajar bagaimana menyikapi suatu kejadian bencana/musibah agar tidak panik dan mencari info dan sumber yang valid. Tapi jujur kali ini saya merasa kehilangan dan rindu sosok bapak, Terimakasih @Sutopo_PN. Lahumul fatihah," ujar akun @_DimassSeno.

Seperti diketahui, Sutopo Purwo Nugroho tutup usia di Guangzhou, China pada 7 Juli 2019. Sutopo meninggal dalam perjuangannya melawan kanker paru-paru.