×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Gempa bumi 5,3 SR mengguncang Mataram, ini penyebabnya

View Image

0

BRILIO » Serius

Gempa bumi 5,3 SR mengguncang Mataram, ini penyebabnya

Gempa dirasakan hingga Bali.

06 / 12 / 2018 11:10

Brilio.net - Gempa bumi terjadi Kamis (6/12) pukul 08.02 WIB. Gempa berpusat di barat laut Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, terjadi akibat aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust).

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono mengatakan gempa pukul 08.02 WIB yang semula dideteksi bermagnitudo 5,7 namun kemudian dimutakhirkan menjadi 5,3 itu merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Flores.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," kata Rahmat dikutip brilio.net dari antara. 

Gempa yang berpusat di darat pada kedalaman 10 kilometer itu menurut BMKG menimbulkan guncangan kuat yang dirasakan semua orang (VI MMI) di daerah Lombok Utara, serta dirasakan oleh hampir semua orang dan membuat barang-barang terjatuh di Lombok Barat dan Mataram (V MMI).

Di Lombok Tengah dan Lombok Timur, getaran gempa dirasakan oleh orang-orang yang berada di dalam rumah dan beberapa orang di luar rumah (IV MMI). Sementara di Denpasar getaran gempa terasa seperti ada truk sedang melintas (III-IV MMI0.

Getaran gempa juga dirasakan oleh beberapa orang dan membuat benda-benda digantung bergoyang (II-III MMI) di Jimbaran, Tabanan, Nusa Dua, Karangasem, Singaraja dan Kuta wilayah Bali.

Di Mataram, gempa membuat para pegawai pemerintah berhamburan keluar kantor dan memicu sekolah-sekolah memulangkan murid lebih awal. Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa bumi yang menurut BMKG tidak berpotensi menimbulkan tsunami tersebut.

Logo sobri

Punya Event Sekolah
Yang Keren?

Isi 10 Pertanyaan Ini Dan Kami
Akan Carikan Sponsor Untukmu

Mulai Sekarang




Social media banner
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    100%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more