Brilio.net - Siang ini Gedung Nusantara III DPR kompleks DPR/MPR terlihat mengeluarkan kebulan asap pekat. Beberapa saksi mengungkapkan jika kebulan asap tersebut berasal dari kebakaran yang terjadi di lantai 2 Gedung Nusantara III DPR. Kebakaran tersebut diperkirakan terjadi pada pukul 11.57 WIB.

Saksi juga memberikan keterangan jika orang-orang yang ada di lokasi berlarian keluar ruangan. Di gedung itu berkantor pimpinan DPR dan MPR RI. Sebanyak 11 unit mobil pemadap kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Kabar tersebut juga dikonfirmasi operator Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat.

"Kebakaran terjadi pukul 11.57 WIB," kata petugas operator Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat, Joni ketika dihubungi liputa6.com.

Setelah ditelusuri pemadam kebakaran memastikan tidak ada api di Gedung Nusantara III DPR, Senayan, Jakarta Pusat. Sebelumnya, kebakaran diduga terjadi di gedung tersebut lantaran alarm kebakaran berbunyi dan asap tebal memenuhi sejumlah lantai.

"Memang ada asap mengepul, tapi tidak ditemukan titik api disekitar area," kata petugas operator Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat, Jujung, ketika dihubungi Liputan6.com, Senin (24/2).

Loading...

Namun, kata dia, pemadam kebakaran masih menyelidiki penyebab pasti asap mengepul di Gedung Nusantara III DPR. "Masih diselidiki," ujar Jujung.

Sementara itu Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar menjelaskan, tidak ada kebakaran di gedung tersebut. "Tidak ada api, tidak ada apa-apa," kata Indra ketika dihubungi, Jakarta seperti dikutip brilio.net dari liputan6.com, Senin (24/2).

Menurut dia, asap tebal yang memenuhi Gedung Nusantara III DPR berasal dari sistem aerosol yang terlalu sensitif. Dia mengatakan, DPR memang sedang melakukan perbaikan di gedung tersebut.

"Ini bukan kebakaran. Tapi sistem aerosol yang terlalu sensitif, ada renovasi, mungkin dia tersentuh kabelnya. Kita memang sedang melakukan renovasi-renovasi. Mungkin ada salah satu kabel-kabel aerosol yang tersentuh, sehingga mengeluarkan asap," tutur Indra soal kebakaran di DPR.

Dia mengaku tengah berada di pusat aerosol keluar. Saat ini, di lokasi sudah aman dari asap. Hanya saja, asap yang ada di lobi belum hilang sepenuhnya.

"Saya di pusat aerosol keluar, sudah clear, bersih. Sudah enggak ada apa-apa tuh," jelas Indra soal dugaan kebakaran di DPR.