Brilio.net - Putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau yang biasa dipanggil Eril mengalami musibah di Swiss pada 26 Mei 2022. Eril dikabarkan hilang saat tengah berenang di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss. Tim SAR dan polisi Swiss telah mengupayakan pencarian Eril.

Sebelumnya, pihak keluarga menegaskan bahwa Eril berada di Swiss untuk mencari sekolah guna melanjutkan pendidikan S2. Emmeril Khan merupakan seorang mahasiswa jurusan Fakultas Teknik Mesin di Institut Teknologi Bandung (ITB).

"Keluarga saat itu sedang berada di Swiss untuk mencari sekolah untuk Eril yang akan melanjutkan ke jenjang S2," ungkap perwakilan pihak keluarga, Epil Nazmuzaman.

Saat musibah terjadi, Eril tengah berenang bersama adik dan temannya di Sungai Aare. Saat hendak naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras. 

Sementara itu, saat kejadian, Gubernur Ridwan Kamil tengah berada di Inggris dalam rangka kegiatan pemerintahan di luar negeri bersama delegasi Pemprov Jawa Barat.

Eril di Swiss untuk mencari kampus S2 © Instagram

foto: Instagram/@emmerilkhan

Hingga informasi ini disampaikan, pencarian yang dilakukan Tim SAR sudah berlangsung selama 6 jam. Pencarian ini sementara dihentikan karena hari sudah gelap dan rencananya dilanjutkan esok pagi.

"Hingga informasi ini disampaikan, pencarian sudah berjalan 6 jam (26 Mei jam 23 WIB) dan kami berharap Eril dapat ditemukan segera dalam keadaan sehat," terang Epil.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bergegas menyusul ke Swiss setelah mendengar musibah tersebut. Pihak keluarga juga memohon doa agar Eril segera ditemukan dalam keadaan sehat dan bisa berkumpul kembali bersama keluarga.

"Kami mohon doa agar Eril dapat segera ditemukan dalam keadaan selamat dan baik. Dapat berkumpul kembali bersama keluarga dalam keadaan sehat wal afiat," tutup Epil.