Brilio.net - Presiden Joko Widodo membantah melibatkan cucunya Jan Ethes dalam kampanye menghadapi Pemilu Presiden (Pilpres) 2019.

"Bagaimanapun, itu cucu saya. Jan Ethes itu cucu saya. Ya kan?" kata Presiden Jokowi usai acara panen udang di Desa Pantai Bakti Kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (30/1). 

Jokowi yang merupakan capres petahana mempertanyakan apakah dirinya tidak boleh mengajak main cucunya "boom-boom car".

"Enggak boleh saya ajak antar ke toko? Enggak boleh saya ajak jalan-jalan ke Kebun Raya? Enggak boleh kita sekeluarga bareng diminta media TV untuk diwawancara?" jelasnya. 

Jokowi menilai apa yang dilakukannya merupakan hal yang wajar-wajar saja. "Kita ini keluarga yang wajar dan normal-normal saja, dekat dengan cucu, dekat dengan anak," ucapnya dikutip brilio.net dari Antara. 

Menurut dia, apa yang dilakukannya seperti keluarga-keluarga yang lain. "Masa gak boleh. Masa kayak gitu dibilang kampanye. Kampanye yang mana? Kan gak pernah saya ajak teriak-teriak di forum kampanye," katanya.

Jan Ethes, putra pertama pasangan Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda memang kerap ikut Jokowi dalam berbagai kegiatan.

Politikus PKS sekaligus wakil ketua dewan penasehat BPN Prabowo-Sandi Hidayat Nur Wahid melalui akun twitternya sempat memprotes hadirnya Jan Ethes sebagai bagian dari kampanye.

"Ini Jan Ethes yg pernah sebut @jokowi, kakeknya, sbg ‘Artis’ ya? Tapi bgmn kalau ini jadi legitimasi pelibatan anak2 dlm kampanye? Bgmn @bawaslu_RI masih bisa berlaku adil kah?” tulis Hidayat.