Brilio.net - Ridwan Kamil merupakan sosok pemimpin yang kocak yang tak sulit ditemui. Jika tak bertemu langsung, pria kelahiran 4 Oktober 1971 ini punya media sosial yang aktif dan dikelola sendiri untuk berinteraksi dengan para warganya.

Ciri khas Kang Emil, sapaan akrabnya dalam menulis caption di media sosial memang lucu-lucu. Terbaru, Ridwan kamil menerima foto ucapan selamat untuk Persib Bandung dari artis Thailand yang diketahui bernama Punpun Sutatta. Aktris cantik ini membawa tulisan 'I love Bandung to: kang Emil. #BandungJuara. '

Tulisan ini sengaja dipersiapkan oleh warga Bandung bernama Andrie, seorang warga Bandung yang kebetulan tinggal di Bangkok.

Foto Punpun tersebut awalnya diberi caption 'Dapat salam dari artis Thailand. Semoga ia bukan lelaki,' ini langsung mendapat banyak like dan komentar netizen.

ridwan kamil ralat © 2017 brilio.net

Loading...

Namun, banyak juga netizen yang mengkritik kalimat yang tertulis di sana. Ada yang menilai kurang etis dan rasis.

"Punpun sih cewek kok. Jgn jg menyamaratakan cewek cantik thailand jg transgender. Bagus juga dia maen film sm drama," komentar netizen @ylesherly.

"kalo ngabodor masalah ini mah sama tmn pantes2 aja. Kalo di pajang di sosmed baru ga pantes lah, da nu maca sanes babaturan hungkul,, seluruh dunia bisa baca keles... bijaksana harusnya..," sahut @ajenggnarendra.

Karena banyaknya netizen yang justru mengkritisi pemilihan kalimatnya, Ridwan Kamil pun meminta maaf dan mengedit tulisan di foto Punpun.

ridwan kamil ralat © 2017 brilio.net

Seperti pantauan brilio.net, Selasa (14/3), satu hari setelah postingan ini terbit, captionnya pun berganti ' Dapat Salam dari artis Thailand. terimakasih untuk @punpun_sutatta (mohon maaf untuk postingan sebelumnya, jika multi tafsir)'.

"Apresiasi buat kang @ridwankamil yg meralat postingannya. Tp lain kali lbh hati2 kang dlm memposting kata2nya lbh difilter apalagi kang RK itu public figure. Kalo bukan public figure mungkin org2 ga akan terlalu gubris. Emang sih mksdnya pasti bercanda (gw bkn pembela lgbt tp gw juga ga transphobic)," komentar @enricoreonald menanggapi 'ralat' dari Ridwan Kamil.