Brilio.net - Kirab pengantin Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dari rumah dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran berlangsung meriah. Kereta kencana yang membawa keduanya diikuti sejumlah kereta kencana yang membawa keluarga, termasuk Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana.

Kirab kereta kencana ini mulai bergerak sekitar pukul 08.30 WIB. Rangkaian kereta kencana ini ditarik dengan kuda dan dikawal jajaran abdi dalem Keraton Surakarta.

Pantauan daring, selain kereta kencana Kaesang dan Erina serta Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana yang duduk bersama cucunya Jan Ethes, tampak pula kereta kencana yang membawa Kaesang Gibran Rakabuming dan istri, serta kakak ipar Kaesang, Bobby Nasution dan istri.

Jokowi rela berdiri di acara kirab pengantin  TikTok

foto: TikTok/@infoseputarpresiden

Ribuan warga antusias untuk menyambut kedua pengantin dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran. Begitupun dengan Presiden Joko Widodo yang sangat antusias untuk menyapa warga dari kereta kencana.

Mantan Wali Kota Solo itu sampai berdiri di kereta kencana untuk melambaikan tangan kepada warga yang memenuhi bahu jalan sepanjang Loji Gandrung ke Pura Mangkunegaran. Paspampres yang berada di sampingnya pun dengan sigap memasang tangannya di belakang punggung Jokowi, agar tetap seimbang karena kereta kencana masih berjalan.

Saat berdiri di kereta, Jokowi kemudian bersikap mengatupkan dua tangan di depan dada dengan posisi agak menunduk. Ia mengarahkan tangannya ke warga yang ada di sisi kanan dan kiri jalan sembari mengucapkan terima kasih.

Jokowi rela berdiri di acara kirab pengantin  TikTok

foto: TikTok/@infoseputarpresiden

Joko Widodo mengatakan, kirab kereta kencana ini adalah bagian dari budaya yang dijalankan keluarga besarnya saat pernikahan hari ini adalah bukti bahwa warisan leluhur masih dirawat dengan baik oleh negara. "Kami ngunduh mantu, sekaligus merawat kebudayaan memelihara kebudayaan karena budaya adalah warisan para leluhur kita," kata Jokowi di Loji Gandrung, Solo kepada awak media sebelum berangkat kirab, seperti dikutip brilio.net daring, Minggu (11/12).

Jokowi rela berdiri di acara kirab pengantin  TikTok

foto: TikTok/@infoseputarpresiden

Dalam prosesi kirab itu, Jan Ethes yang satu kereta dengan Jokowi juga ikut melambaikan tangan kepada warga. Tampak pula, Sedah Mirah di sebelah Jan Ethes.

Sementara itu, Kaesang dan Erina berada di kereta kencana paling depan yang ditarik enam ekor kuda. Keduanya menyapa warga dan menebar bunga serta gulungan biru kecil kepada warga.

@infoseputarpresiden

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menaiki kereta kencana dalam prosesi ngunduh mantu di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah hari ini. Keduanya akan menuju Paku Mangkunegaran. Presiden Jokowi beberapa kali berdiri di kereta demi menyapa masyarakat yang memadati jalan di Loji Gandrung.

Sholawat Yasir Lana - Ghina Mei