Brilio.net - Usai melaksanakan akad nikah pada Sabtu (10/12) di Pendopo Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Kaesang dan Erina Gudono melanjutkan dengan prosesi ngunduh mantu dan tasyakuran yang digelar hari ini, Minggu (11/12).

Prosesi ngunduh mantu dimulai di Rumah Dinas Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming di Loji Gandrung pukul 07.10 WIB. Pihak keluarga Erina menyerahkan pasangan pengantin kepada keluarga Presiden Joko Widodo yang dilanjutkan prosesi sungkeman.

Acara berlanjut dengan tumplak punjen yakni ucapan terima kasih anak-anak Presiden Jokowi. Dalam prosesi ini, Gibran sebagai putra sulung mewakili adik-adiknya mengucapkan terima kasih kepada orang tua mereka. Prosesi ini sekaligus menjadi penanda bahwa Presiden Jokowi dan Iriana telah menunaikan salah satu tugas utama sebagai orang tua, membesarkan ketiga anaknya hingga menikah.

Ngunduh mantu diakhiri dengan begalan, keluarga pengantin membagikan suvenir kepada warga sekitar. Kemudian, dilanjutkan dengan kirab budaya dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran. Terdapat 11 kereta kencana utama yang disiapkan untuk arak-arakan rombongan pengantin.

Berikut brilio.net rangkum dari YouTube Presiden Joko Widodo pada Minggu (11/12), momen kirab ngunduh mantu Kaesang dan Erina Gudono.

1. Pada prosesi ngunduh mantu, keluarga mempelai wanita menyerahkan pasangan pengantin, Kaesang-Erina Gudono kepada keluarga Presiden Jokowi.

momen ngunduh mantu kaesang-erina © YouTube

momen ngunduh mantu kaesang-erina
© YouTube/Presiden Joko Widodo