Brilio.net - Demi menekan angka kasus Covid-19 di Indonesia, pemerintah terus menggalakkan program vaksinasi bagi masyarakat. Bahkan, kini masyarakat diberi kemudahan untuk bisa daftar secara online untuk ikut vaksinasi yang digelar berbagai provinsi di Indonesia.

Ada kejadian mengharukan sekaligus membuat kagum masyarakat atas inisiatif yang dilakukan seorang bapak tua. Beredar sebuah video yang memperlihatkan seorang bapak tua yang ingin ikut vaksinasi. Pria tersebut rela mengayuh sepeda hingga sejauh 15 kilometer untuk ikut vaksinasi.

Video perjuangan bapak tersebut pun mencuri perhatian publik di media sosial. Video tersebut diunggah oleh anggota Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar, Helmiyadi Kuswardhana di akun Instagram @dr.helmiyadi_hk.

"Saat kami melaksanakan vaksinasi massal Covid-19, tampak seorang Bapak Tua ingin mendekat tapi ragu," tulis caption video yang ia unggah.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Kisah haru bapak kayuh sepeda Instagram/@dr.helmiyadi_hk

foto: Instagram/@dr.helmiyadi_hk

Setelah menunggu beberapa lama, akhirnya ada petugas yang menghampiri bapak tersebut. Dalam pengakuannya, bapak ini ternyata ingin divaksin.

Akan tetapi ia tidak bisa mendaftar program vaksinasi secara online karena tidak memiliki ponsel. Akhirnya bapak ini kemudian dibantu petugas setempat untuk pengurusan pendaftaran hingga mendapatkan vaksin.

Kisah haru bapak kayuh sepeda Instagram/@dr.helmiyadi_hk

foto: Instagram/@dr.helmiyadi_hk

Bapak itu pun bercerita dirinya sudah datang sejak pagi setelah mengayuh sepeda sejauh 15 kilometer, hingga kakinya terasa pegal dan kelelahan. Ia juga sebenarnya sudah sejak lama ingin divaksin.

Kisah haru bapak kayuh sepeda Instagram/@dr.helmiyadi_hk

foto: Instagram/@dr.helmiyadi_hk

Namun, sering ditakut-takuti oleh orang di sekitarnya. "Dari dulu beliau ingin vaksin, tapi selalu di takut-takuti orang sekitarnya. Tapi beliau yakin pandemi dapat segera berakhir salah satunya dengan vaksinasi," tulis caption dalam video tersebut.

Kisah ini berhasil membuat warganet terharu. Tak sedikit warganet yang salut atas perjuangan bapak tersebut untuk mendapatkan vaksin dan mendoakannya agar selalu sehat.

"alhamdulillah. gak sia2 usaha sibapak jauh2 dtg lelahnya terbayar manis," tulis akun @putrisastro

"Ya Allah Smoga banyak orang yg bisa mencontoh perilaku bapak ini," tulis akun @ulfahchaerani

"Masya Allah, smoga bpknya sehat sllu," sambung akun @meghacardenia

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Helmiyadi Kuswardhana (@dr.helmiyadi_hk)

(brl/pep)