Brilio.net - Kabar duka menyelimuti keluarga Pondok Pesantren Al-Anwar, Sarang, Rembang, Jawa Tengah. Kiai Haji (KH) Maimun Zubair atau yang akrab disapa Mbah Moen meninggal dunia pada Selasa (6/8) di Kota Mekah, Arab Saudi saat melakukan ibadah haji.

Mbah Moen meninggal pada pukul pukul 04.17 dini hari waktu Arab Saudi. Belum diketahui sebab wafatnya tokoh besar Nahdlatul Ulama (NU) tersebut.

doa mbah moen terkabul © 2019 brilio.net

foto: Liputan6/Faizal Fanani



Banyak tokoh publik mulai dari kiai, ustaz, selebriti hingga politisi turut berbela sungkawa atas meninggalnya Mbah Moen. Salah satunya adalah KH Zuhrul Anam Hisyam. Tokoh yang akrab dengan sapaan Gus Anam itu pun mengungkapkan rasa duka cita yang mendalam lewat akun Facebooknya.

"Innalillahi Wainnailaihi rojiun
Telah Wafat Syaikhona Mbah KH Maimoen Zubair (Mbah Moen). di Makkah Mukarromah. Semoga khusnul khotimah," kata Gus Anam dalam akun Facebook Gus Anam Channel, seperti dilansir brilio.net pada Selasa (6/8).

Menariknya, dalam postingan itu Gus Anam juga membeberkan cerita bahwa Mbah Moen memang pernah meminta didoakan wafat pada hari Selasa. Terbukti, ulama panutan tersebut tutup usia pada hari yang ia idam-idamkan selama hidup.

"Mbah Yaii Maimun pernah dawuh, minta didoakan meninggal pada hari Selasa karena biasanya orang ahli ilmu itu meninggal nya hari Selasa. Dan minta didoakan meninggal di Makkah pas haji...
Masya Allah... Diijabah oleh Allah semuanya," lanjut Gus Anam dalam akun Facebooknya.

doa mbah moen terkabul © 2019 brilio.net

foto: Facebook/Ahmad Hadidul Fahmi



Gus Anam pun sedikit bercerita mengenai sosok Mbah Moen di matanya. Menurutnya, Mbah Moen adalah ulama yang karismatik. Gus Anam pun menutup unggahannya tersebut dengan ajakan doa kepada Mbah Moen sebagai guru dan tauladan umat.

"Beliau adalah ulama kharismatik, Abu Ar Ruh Wa Abu Al Jasad,
sekaligus orang tua guru kami : KH Zuhrul Anam Hisyam dan Ny Hj Rodliyah Ghorro MZ," terang Gus Anam.

"Mari sempatkan waktu untuk berkirim fatihah, sebagai bukti cinta kepada Guru kita, kepada Ulama kita, kepada KekasihNya.
Al Fatihah..," tutup Gus Anam.

Unggahan tersebut langsung viral dengan mengantongi 746 tanda menyukai, 122 komentar dan 276 kali dibagikan. Warganet juga merasa sangat kehilangan Mbah Moen dan turut mengucapkan bela sungkawa di kolom komentar.

"Alfaatihah. Husnul khotimah ahli surga. Ini sya Allah dzurriyyah nya bisa meneruskan perjuangan beliau. Aamiiin dan kita semua bisa mencontoh mbah mun," tulis Reza Alfa.

"Inalilahi waina ilahi rojiun smoga husnul khotimah.. Izin share pk yai," ungkap Arif Warureja.

"Indonesia berduka.......mudah2han beliau khisnul khotimah....," ketik Ulmez Ulmez.