Brilio.net - Pemerintah melalui Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja menyampaikan akan menutup pendaftaran untuk gelombang 17 pada hari ini, 7 Juni 2021 pukul 23.59 WIB. Kuota yang tersedia bagi 44.000 orang.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengikuti seleksi adalah mengunjungi situs resmi Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id, lalu membuat akun. Setelah akun diverifikasi, maka kamu segera login untuk mengikuti proses seleksi.

"Bagi Sobat yang akunnya sudah diverifikasi, jangan lupa untuk login dan klik "Gabung" ke Kartu Prakerja Gelombang 17 agar dapat masuk ke tahap seleksi," demikian yang brilio.net kutip dari Instagram @prakerja.go.id, Senin (7/6).

Berikut ini merupakan rincian cara mengikuti seleksi Kartu Prakerja Gelombang 17:

1. Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer

2. Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK, masukkan data diri, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pembuatan akun

3. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online

4. Klik "Gabung" pada Gelombang yang sedang dibuka

5. Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa mengikuti seleksi kartu prakerja. Pertama, merupakan Warga Negara Indonesia, yang sudah berusia di atas 18 tahun dan tidak sedang sekolah atau kuliah.

Sebelumnya, Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja menginformasikan bahwa pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 17 yang telah dibuka sejak Sabtu (5/6) akan ditutup Senin (7/6) tengah malam ini.

"Sobat Prakerja, Mimin mau mengumumkan bahwa Gelombang 17 akan ditutup pada hari Senin, tanggal 7 Juni 2021 pukul 23.59 WIB," tulis akun Instagram prakerja.go.id, Senin (7/6).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kartu Prakerja (@prakerja.go.id)

 

Oleh karena itu pihak manajemen pelaksana menyarankan para calon pendaftar agar segera membuat akun Kartu Prakerja, lalu klik tombol Gabung yang berada di laman dashboard.

"Peserta yang lolos akan mendapat SMS pemberitahuan ke nomor yang terdaftar pada akun Prakerja milik Sobat! Pastikan nomor tersebut aktif dan jangan mengganti nomor HP," imbuh PMO Kartu Prakerja.

Pemerintah mengingatkan bahwa pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 17 ini hanya beralamatkan di situs resmi www.prakerja.go.id. Tak ada website lain selain website yang disebutkan. Hal ini guna mencegah terjadinya penipuan.

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 17 ini dibuat untuk memanfaatkan kuota tersisa dari status peserta di gelombang 12-16 yang sebelumnya telah dicabut kepesertaannya. Itu dilakukan lantaran peserta terdaftar tidak memanfaatkan pembelian program pelatihan.

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja mengumumkan semua informasi itu di akun Instagram pribadinya @prakerja.go.id.

"Kunjungi situs resmi kami hanya di www.prakerja.go.id untuk membuat akun dan mengikuti seleksi Kartu Prakerja," demikian keterangan yang tertulis pada Sabtu (5/6).

Bagi yang akunnya sudah diverifikasi, diimbau agar tidak lupa untuk login karena banyak yang gugur akibat lupa login. Setelah itu kemudian klik "Gabung" ke Kartu Prakerja Gelombang 17 agar dapat masuk ke tahap seleksi.

Informasi lengkap seputar pendaftaran sendiri dapat dibaca di www.prakerja.go.id/faq.