Brilio.net - Kasus pelecehan seksual tak jarang menimpa para cewek pengguna transportasi umum, termasuk TransJakarta atau yang biasa disebut busway. Nah, sekarang kaum perempuan di Jakarta nggak perlu was-was lagi. Sebab, pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah menyiapkan solusinya. Busway warna pink, khusus untuk penumpang perempuan.

Bus pinky yang diluncurkan bertepatan dengan perayaan Hari Kartini, 21 April lalu ini bertujuan untuk memberi kenyamanan buat kamu para cewek yang sering merasa risih bila berdekatan dengan kaum laki-laki.

“Bus Pinky ini baru dua armada yang kita keluarkan dengan rute Blok M—Kota. Ke depan kita akan tambah menjadi 10 armada,” ujar Humas TransJakarta, Prasetia Budi kepada brilio.net.

bus pinky © 2016 brilio.net

Bagian dalamnya nyaman.
© 2016 brilio.net/Syifa Fauziah

Beberapa hari bus ini beroperasi, banyak tanggapan positif dari para pelanggannya. Maklum, seluruh operator bus ini mulai dari petugas keamanan hingga sopir juga perempuan. Tuh asyik kan. “Semua awak bus wanita, dari sopir hingga petugas on board-nya. Jadi ya untuk wanita yang agak risih dengan keberadaan pria, dengan adanya bus pinky ini jadi bisa nyaman,” tambahnya.

BACA JUGA: 20 Nama makanan unik ini bukti kalau orang Indonesia kreatif

Brilio.net
berkesempatan mencoba merasakan sensasi naik TransJakarta pink yang diluncurkan Veronica Tan, istri Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ini. Tidak ada perbedaan yang signifikan dibanding naik TransJakarta yang lain. Hanya saja terasa lebih aman dan nyaman karena semua penumpang dan awak bus wanita lho.

Hal yang sama dirasakan Lia (21) salah satu penumpang bus ini. Menurutnya, dengan adanya bus khusus wanita ini bisa mengurangi dampak pelecehan terhadap wanita. “Sekarang jadi tidak was-was lagi naik TransJakarta. Kalau bisa armadanya ditambahkan dan rutenya diperluas,” katanya.

bus pinky © 2016 brilio.net

Armada Transjakarta khusus perempuan ini memberikan kenyamanan.
© 2016 brilio.net/Syifa Fauziah

Spesifikasi kedua bus pinky ini sama dengan bus gandeng TransJakarta lainnya, memiliki 38 tempat duduk dan mampu mengakut 80 penumpang berdiri. Pada sisi jendela salah satu bus ini tertera tulisan “Habis Gelap, Terbitlah Terang”. Sementara pada sisi yang lain tulisan “These Girls Are Smart”. Tuh buat kamu para cewek, nggak usah khawatir lagi deh naik TransJakarta, aman kok.