×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Berapa uang & waktu terbuang karena susah cari parkir di Jakarta?

View Image

0

BRILIO » Serius

Berapa uang & waktu terbuang karena susah cari parkir di Jakarta?

foto: shutterstock.com

Ada kerugian yang mengintai dari susahnya cari parkir di Ibukota.

(brl/tin)

19 / 02 / 2019 10:17

Brilio.net - Mencari parkir di Jakarta sekarang menjadi tantangan berat bagi warganya. Cuma ingin menonton film baru rilis di mal saja, bisa jadi kegiatan menyebalkan karena susah mencari tempat parkir.

Salah satu faktor penyebab susahnya mencari lahan parkir adalah pertumbuhan jumlah kendaraan yang tinggi tanpa diimbangi perluasan lahan parkir. Hal ini dibuktikan dengan adanya data Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada 2014 lalu yang mengatakan bahwa pertumbuhan kendaraan mencapai 11% per tahun.

Sementara keterbatasan lahan parkir di Jakarta bisa dilihat dari keluhan-keluhan warga, fenomena parkir sembarangan, termasuk belum optimalnya penambahan lahan pakir oleh instansi pemerintah maupun swasta.

Berapa uang & waktu terbuang karena susah cari parkir di Jakarta? berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Imbas kesulitan mencari tempat parkir bukan hal remeh. Sebuah survei dari Uber menunjukkan, waktu yang dihabiskan pengemudi untuk mencari parkir rata-rata mencapai 21 menit per hari. Angka ini jadi peringatan penting untuk membenahi tata kelola transportasi di Jakarta.

Teddy Lesmana, seorang peneliti dari Pusat Penelitian Ekonomi LIPI dalam sebuah jurnal mengatakan bahwa ada biaya tersembunyi akibat kemacetan dan susahnya mencari parkir. Biaya tersembunyi ini meliputi kerugian sosial karena pemborosan nilai waktu dan biaya operasi kendaraan. Tak main-main, warga Jakarta merugi Rp 17,2 triliun per tahun.

Menjadi warga Jakarta memang memerlukan hati yang sabar karena susah mencari parkir. Survei Uber di atas mengatakan bahwa warga Jakarta merugi karena selalu datang terlambat ketika ada acara penting atau meeting. Sebanyak 74% responden yang mewakili warga Jakarta mengaku sering terlambat karena kesusahan mencari parkir dan macet.

Berapa uang & waktu terbuang karena susah cari parkir di Jakarta? berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Biar nggak bernasib sama, kamu harus kreatif dalam menyiasati permasalahan ini. Untuk itu, CariParkir bisa jadi solusi. Aplikasi ini membuatmu bisa mencari parkir dengan mudah.

CariParkir membantumu menemukan lokasi parkir yang memadai, nyaman, aman, dan tentu saja terdekat dari lokasi tujuan. Nggak hanya itu, kamu juga bisa memesan slot parkir secara online dengan smartphone kamu lho. Jadi nggak perlu kebingungan lagi mencari parkir saat ke mal atau pusat pembelanjaan lainnya.

Berapa uang & waktu terbuang karena susah cari parkir di Jakarta? berbagai sumber

foto: seva.id

Gimana cara pakainya? Kamu cukup download aplikasi CariParkir yang ada di iOS dan Android. Setelah itu, ikuti langkah selanjutnya:
1. Buka aplikasi CariParkir kamu, cari mal yang ingin dikunjungi untuk memastikan ketersediaan slot dan harga maupun promo yang berlaku.
2. Berikutnya, datangi podium valet yang berada di area lobby mall tersebut.
3. Buka Aplikasi CariParkir dan scan QR Code yang berada di meja podium valet.
4. Cek tiket pada aplikasi CariParkir dan pastikan bahwa transaksi kamu sudah berhasil.
5. Selesai! Kendaraanmu akan diparkirkan dengan aman oleh petugas valet.

Lalu, untuk proses check out-nya adalah sebagai berikut:
1. Datangi podium valet dan minta kepada petugas untuk mengambilkan kendaraanmu.
2. Atau, untuk menghemat waktu, kamu bisa menghubungi nomor telepon petugas di mall tersebut yang terdapat pada aplikasi CariParkir, dan tinggalkan pesan agar mobil kamu bisa segera disediakan di lobby.
3. Petugas valet akan melakukan check out transaksi ketika kamu sudah menerima mobil kamu kembali.

Berapa uang & waktu terbuang karena susah cari parkir di Jakarta? berbagai sumber

foto: CariParkir

Kamu juga nggak boleh melewatkan berbagai promo dan diskon menarik dari CariParkir. Dengan menjadi pengguna aktif CariParkir, kamu berkesempatan dapat diskon 90% dari harga valet-nya hingga bulan Maret nanti. Parkir mudah, harganya pun murah. Penasaran gimana caranya?

Syarat dan Ketentuan memanfaatkan diskon valet ini adalah sebagai berikut:
- Buat kamu 10 pengguna valet pertama dari Januari hingga Maret di mal-mal rekanan CariParkir, bakal dapat diskon 90% dengan maksimal potongan harga sebesar Rp 50.000.
- Buat kamu pengguna selanjutnya (di luar 10 pengguna pertama) dari Januari hingga Februari, bisa mendapatkan diskon valet 50% dengan maksimal potongan sebesar Rp 20.000.
- Sementara pengguna selanjutnya (di luar 10 pengguna pertama) khusus Maret nanti, akan mendapatkan diskon sebesar 50% dengan maksimal potongan sebesar Rp 10.000.

Segera daftarkan diri untuk jadi pengguna aktif CariParkir karena kamu bisa mendapatkan kesempatan maksimal 5 kali dalam 3 bulan periode untuk mengikuti promo valet 90%. Promo ini berlaku untuk transaksi on the spot dan juga booking, dengan durasi selama 3 jam. Jika melewati waktu yang sudah ditentukan, kamu akan dikenai tarif normal yang berlaku di masing-masing lokasi.

Nah, di mana saja sih kamu bisa memanfaatkan aplikasi CariParkir? Kini CariParkir telah hadir di berbagai mal favorit di Jakarta dan kota lainnya seperti:
• Mall Kelapa Gading 1 – 3 (Lobby 3 Utara)
• AEON Mall BSD (Lobby GF)
• The Breeze BSD
• Living World Alam Sutera
• ITC BSD
• Tangerang City Mall (Lobby Business Park)
• Mall Ambassador
• Metropolitan Mall Bekasi (Lobby Utara 1)
• Grand Metropolitan Mall Bekasi
• Transmart Cilandak
• Serta mall-mall lainnya yang akan hadir di Jabodetabek dan kota-kota lainnya

Jangan biarkan susahnya mencari parkir membuat mood-mu jadi buruk. Kamu sebagai generasi millenial harus pintar-pintar menyiasatinya. Stay safe on the road, Sobat Brilio!

 

 

Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

MORE
Wave more