Brilio.net - Dua seleb Tanah Air yang belum lama ini menggelar pernikahan, Raisa Andriana dan Laudya Cynthia Bella menarik perhatian publik. Di media sosial, lini masa diramaikan dengan soalan bertajuk 'aset bangsa yang diambil asing'.

Hal ini berkaitan dengan pria pilihan mereka memiliki darah asing. Hamish Daud Wyllie, suami Raisa merupakan pria kelahiran Australia. Kini memiliki dua kewarganegaraan. Sedangkan Engku Emran Engku Zainal Abidin atau yang lebih dikenal sebagai Engku Emran merupakan pengusaha asal Malaysia. Dia merupakan Chief Executive Officer (CEO) TV Synergy Sdn Bhd dan Chief Operating Officer (COO) Suria FM.

Suara dari warganet ini sampai ke telinga Presiden Jokowi. Tanggapan diberikannya saat menyampaikan pidato pada dies natalis ke-60 Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Senin (11/9).

"Saya dikomplain mengenai Raisa. Pak Presiden, ini satu lagi aset Indonesia lepas ke tangan asing karena suaminya Australia," kata Jokowi di Kampus Unpad Dipati Ukur Bandung yang disambut ketawa hadirin.

"Belum saya jawab. Lagi Cyntia Bella dinikahi Malaysia. Dulu nggak bisa, sekarang bisa disampaikan langsung ke pemerintah. Ini keterbukaan informasi dan kita semua harus siap," katanya lagi.

Jokowi menyebutkan, perguruan tinggi harus siap mengantisipasi keterbukaan media informasi saat ini. Hal-hal negatif di media sosial seperti fitnah dan berita bohong juga perlu diantisipasi. Dia juga menyampaikan bahwa setiap bertemu kepala negara selalu ditanya mengenai penggunaan media sosial di Indonesia.

"Ketemu presiden, raja, semua tanya, Presiden Jokowi bagaimana sosmed di Indonesia kejem ndak?" uangkap jokowi.

"Media mainstream bisa dikendalikan, tapi medsos tak bisa. Hampir semua negara tak bisa kendalikan ini, yang agak jauh Iran menyampaikan kepada saya, medsos lebih buruk karena menyampaikan semuanya di medsos, di kita juga sama," paparnya lagi.