Brilio.net - Upacara pemakaman istri dari Presiden ke-6 Republik Indonesia, Ani Yudhoyono telah usai dilaksanakan di Blok M 129, Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6). Pemakaman tersebut tak hanya dihadiri sederet orang penting negara saja, melainkan juga masyarakat setempat.

Sosok Ani Yudhoyono memang begitu dicintai banyak orang, hal ini terbukti ketika prosesi upacara selesai dilaksanakan, ratusan warga ikut mengiringi kepergian mantan Ibu Negara tersebut. Di mana mereka berbondong-bodong menyemut ke pusara Ani Yudhoyono untuk sekadar menabur bunga.

Saking ramainya yang datang untuk menabur bunga, nisan almarhumah sampai tertutup bunga. Tak hanya itu saja, mereka juga turut berfoto di makam Ani Yudhoyono. Di makanan dekat dengan kuburan istri Presiden ke-3 Indonesia BJ Habibie, almarhumah Ainun Habibie pun tak lepas dari taburan bunga.

Bahkan ada warga yang sengaja datang jauh dari Palu, Sulawesi Tengah mengungkapkan bahwa tabur bunga yang ia lakukan merupakan bentuk penghormatan bagi almarhumah. Di matanya, Ani merupakan sosok yang lembut.

"Ini saya lakukan sebagai bentuk penghormatan terakhir karena apapun kata orang, ibu telah mendampingi bapak (SBY) selama 10 tahun kepemimpinannya," kata Indria di TMP Kalibata yang dilansir dari merdeka.com, Minggu (2/6).

Indria sendiri mengungkapkan, pernah bertemu dengan Ani saat Open House pada saat Susilo Bambang Yudhoyono masih menjabat sebagai presiden tahun 2012. "Beliau bagi saya lembut seperti wanita Jawa pada umumnya, ayu dan kalem. Saya pernah bertemu beliau pada 2012 saat Pak SBY masih presiden. Saat itu acara Open House lebaran," tutur Indria.