Brilio.net - Indonesia patut berbangga dengan dipilihnya negera ini untuk menyelenggarakan multievent berskala internasional Asian Games. Tak sampai sebulan lagi, gelaran Asian Games bakal dibuka di Jakarta. Masyarakat Indonesia pun sedang merasakan euforia yang menggebu-gebu.

Namun belakangan ada keresahan yang ramai dibicarakan di media sosial. Beredar foto-foto bendera peserta Asian Games yang didirikan hanya menggunakan bambu seadanya. Menurut masyarakat ini tidak pantas.

Pemerintah tentunya memiliki anggaran lebih banyak untuk pemasangan bendera dengan tiang lebih bagus seperti terlihat di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara. Akibat banyaknya kritikan dari warganet, akhirnya bendera tersebut diturunkan oleh petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) DKI Jakarta pada Selasa (17/7).

memo anies bendera bambu © berbagai sumber

foto: Twitter

Loading...

Setelah kejadian itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan memo yang ditujukan kepada Walikota Jakarta Utara Syamsudin Lologau. Memo ini berisi instruksi untuk memasang kembali bendera yang telah dicabut PPSU tersebut. Menurutnya, pemasangan bendera dengan menggunakan tiang bambu merupakan inisiatif dari warga.

memo anies bendera bambu © berbagai sumber

foto: Instagram/@aniesbaswedan

"'Pak Gub, bendera sudah dipasang lagi oleh anak-anak di Penjaringan,' itu pesan dari Walikota Jakarta Utara yang masuk ke wa pukul 5.35 tadi pagi.

Semalam secara lisan dan memo pada Walikota, bendera yg dicopot oleh petugas dari Pemprov, diinstruksikan untuk dipasang kembali.

Jangan biarkan semangat & kerja nyata warga menyambut Asian Games direndahkan dan dikalahkan oleh ejekan lewat kerja jari jempol di Media Sosial.

Alhamdulillah, instruksi itu langsung dilaksanakan tadi malam. Walikota Jakarta Utara mengirimkan foto-foto pemasangan kembali dan inilah isi instruksi semalam, sebagai bahan bacaan. Semoga bisa jadi bahan refleksi dan pedoman dalam memandang kegiatan dan dalam keberpihakan.

Mari kita semua sambut, ramaikan dan semarakkan Asian Games. Kita ajak kampung-kampung lain dan bagi warga mari berpartisipasi. Pastikan koordinasi dengan Lurah agar bisa dibantu. *ABW

#SemangatJakartaUntukAsia

#AsianGames2018," tulisnya seperti brilio.net kutip dari akun Instagram-nya pada Rabu (18/7).

Menurutnya instruksi tersebut langsung dijalankan. Lewat Instagram-nya, Anies mengunggah foto-foto pemasangan kembali bendera yang dikirimkan langsung oleh Walikota Jakarta Utara. Anies juga mengajak masyarakat untuk menyambut, meramaikan dan menyemarakkan gelaran multievent empat tahunan ini.

memo anies bendera bambu © berbagai sumber

foto: Instagram/@aniesbaswedan

Kalau memang benar dari inisiatif warga, tentu ini perlu diapresiasi. Karena bagaimanapun juga, bambu merupakan bagian penting dari sejarah kemerdekaan Indonesia, lho.