Brilio.net - Syahrir, seorang siswa SMA asal Bojongsoang Jawa Barat harus meregang nyawa akibat digigit ular King Kobra yang dipeliharanya sendiri. Dia mengembuskan napas terakhir pada malam hari, beberapa jam setelah digigit di bagian lengan.

Menanggapi kasus ini, Panji Petualang mengunggah sebuah video di channel YouTube berjudul KING COBRA BUKAN MAINAN. Dalam video tersebut dia berbincang dengan seorang tenaga ahli Taman Rekreasi J&J yang terletak di Desa Bojong, Linggarjati, Kuningan, Jawa Barat. Pak Kiki, begitu sapaannya, adalah orang yang sehari-hari mengasuh hewan-hewan di Kebun Binatang J&J.

Menurut penuturan Kiki, King Cobra memang tampak cantik tapi rupanya sangat mematikan. Oleh karena itu King Cobra di tempat yang dikelolanya tidak setiap hari ditampilkan. Ular ini dipamerkan sesekali sebagi bahan edukasi kepada khalayak.

"Malah kita menyarankan ke anak-anak atau pengunjung agar jangan dipegang, jangan didekati karena berbisa. Kecuali ular-ular lain yang tidka berbisa, itu kan bisa berfoto bareng. Kalau yang berbisa jangan lah," kata Pak Kiki, seperti dilansir brilio.net, Jumat (15/12).

"Sekarang banyak saya lihat yang melakukan atraksi ular, di Bandung, Jakarta banyak banget. Tapi sedikit saran kalau boleh, mungkin lebih baik anak-anak yang pemula baru belajar megang King Kobra atau ular berbisa lainnya mendingan tetap didampingi oleh yang berkompeten. Dan safetynya kita sudah tahu letak puskesmas atau rumah sakit terdekat yang memang memiliki serumnya," tambahnya lagi.

Loading...

Panji mengamini apa yang disampaikan oleh Pak Kiki. Menurutnya, tanpa ada pengawasan dan latihan keras, jangan sekali-kali coba untuk bermain-main dengan ular berbisa. Sebab risikonya adalah nyawa, yang tidak sebanding dengan berfoto selfie yang merupakan hal sepele.

"Jadi kami di sini, saya dan Pak Kiki, sarankan carilah ular yang rekomendasi untuk peliharaan," tutur Panji.

"Main ular itu boleh saja tapi jangan nekat. Dalam artian SOP-nya atau standar keamanannya kalian harus inget juga. Buat teman-teman yang suka free handle. Please sayangin nyawa kalian. Minimal kalian punya standar keamanan yang udah kalian siapain untuk melakukan fee handle itu sendiri terutama ular berbisa. Nah, buat yang belum ngerti apa itu fee handle jangan coba-coba gangguin ular berbisa," tutupnya.

Berikut video lengkapnya.