Brilio.net - Masih hangat diperbincangkan masyarakat luas mengenai peringatan Hari Buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei. Para buruh di berbagai penjuru dunia pun melakukan aksi masa sebagai bentuk protes kepada pemerintah. Beragam aksi pun dilakukan para buruh untuk menyampaikan tuntutan terkait hak-hak buruh.

Salah satu aksi buruh yang menjadi sorotan masyarakat luas adalah aksi buruh di Balai Kota Jakarta pada kemarin Senin (1/5). Para buruh tampak kompak dengan kaos berwarna hitam dan merah. Meski begitu, aksi yang dilakukan para buruh ini cukup disayangkan masyarakat luas. Pasalnya, para buruh merusak dan membakar karangan bunga yang bertengger di Balai Kota.

buruh vs supir grab © 2017 brilio.net

foto: Twitter.com/@fadjroeL

Karangan bunga yang berjajar di Balai Kota merupakan pemberian dari masyarakat sebagai tanda apresiasi bagi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahok-Djarot. Sekumpulan buruh pun mengambil karangan bunga dan mengumpulkannya menjadi tumpukan. Kemudian membakarnya di jalan raya.

 

Banyak warga mengecam dan mengkritik aksi para buruh yang dinilai mengganggu ketertiban.

Sementara itu, sebelum aksi perusakan dan membakar karangan bunga. Telah ada seorang supir ojek online, tepatnya sopir atau biasa disebut driver. Seorang netizen bernama Anti Ariandini mengunggah sebuah foto pada akun instagramnya pada empat hari lalu, tepatnya pada Jumat (28/4). Pada foto yang ia unggah, tampak seorang driver Grab tengah berada di depan karangan bunga yang bertengger di Jalan Medan Merdeka Timur.

buruh vs supir grab © 2017 brilio.net

foto: Instagram.com/@anti_ariandini

Dalam keterangan fotonya tertulis, "Terharu. Mas2 dari grab ini ngebenerin satu2 huruf yg lepas dari salah satu karangan bunga. Liat dr jendela mobil, berkali kali kalo ada bunga jatoh terus dia ambil lagi...dia.pasang lagi. #ahokdjarotforjakarta2017 #ahok #basukidjarotlovers #basukitjahajapurnama #fg_ahok #ahokdjarot #basukibtp #basukitjahajapurnama #saveahok #bank_karma #ahok_kami #kamiahok #kamiahokdjarot #kamiahoklovers."

Jika para buruh merusak dan membuat keributan dengan membakar karangan bunga, tindakan yang dilakukan seorang driver Grab ini cukup membuat terharu. Ia mencoba memasang dan menempelkan huruf-huruf yang terlepas dari karangan bunga. Sang driver mencoba membenarkan posisi hurufnya. Aksi yang dilakukan sang driver terjadi berulang kali. Hal tersebut tertangkap Anti Ariandini yang tengah berkendara dengan mobilnya.

Aksi sang driver ini pun membuat netizen terenyuh. Beberapa netizen pun ikut mengomentari unggahan pemilik akun instagram @anti_ariandini. Seperti komentar dari akun @pirzand,"terharu pingin brebes... agama, politik,budaya itu beda.. akupun muslim.. tp kl agamaku dpke mainan politik dan alhasil yg mimpin malah orgnya muslim ktp doang tp g ada tagung jwabnya ya sma aja dusta #ahok #saveahok #ahokforever."

Sementara akun @lyn_chen17 menuliskan, "yg bikin sedih ..kita gagal memperjuangkan hak2 yg diimpikan org2 sperti mas grab itu... sperti bapak2 tua yg dtg ke balai kota kmren dgn kursi roda berdesakan dgn keramaian..para penderita kanker yg gak mampu yg sedang diperjuangkan pak @basukibtp dgn keinginannya membangun RS sumberwaras."