Brilio.net - Tampaknya usaha pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19 sedikit mengalami kemajuan. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengklaim Ibu Kota sudah memasuki zona hijau Covid-19.

"Alhamdulillah Jakarta sudah masuk zona hijau," kata Riza saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, sebagaimana brilio.net kutip dari Liputan6.com, Senin (23/8).

Walau sudah masuk ke zona hijau, Riza minta masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan sebagaimana mestinya. Ia juga mendorong agar masyarakat mendatangi tempat vaksin Covid-19 terdekat.

jakarta zona hijau © 2021 Liputan6.com

foto: Liputan6.com/Faizal Fanani

Pemerintah DKI Jakarta menaikkan target vaksinasi menjadi 11 juta warga. Sebab 40 persen orang yang menerima vaksin merupakan warga non-DKI.

"Alhamdulillah vaksin di DKI sudah mencapai dosis satu 9.319.191," terangnya.

Selain itu Riza menyampaikan keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) pasien Covid-19 di rumah sakit rujukan terus mengalami penurunan di bawah 50 persen. Penurunan tersebut diantaranya dari tempat tidur isolasi ataupun ICU.

jakarta zona hijau © 2021 Liputan6.com

foto: Liputan6.com/Herman Zakharia

"BOR rumah sakit sudah turun menjadi 23 persen, ICU turun menjadi 44 persen," ujar dia.

Riza juga menambahkan sejauh ini pasien yang dirawat di rumah sakit rujukan tak sepenuhnya warga DKI Jakarta, "Di Jakarta ini BOR nya ICU nya masih diisi warga non-DKI, masih banyak," jelas Riza.

(brl/guf)

(brl/guf)