Brilio.net - Membahas kehidupan Presiden ke-7 RI, Joko Widodo memang tidak pernah ada habisnya. Sebagai orang nomor satu di Indonesia, setiap gerak-geriknya tak pernah lepas dari sorotan publik. Kisah kehidupan pribadi Jokowi, hingga kegiatannya sebagai kepala negera nyatanya sering membuat orang penasaran.

Menariknya, apapun yang dikenakan Jokowi di berbagai kesempatan selalu ramai jadi perbincangan. Misalnya, saat dirinya menjabat sebagai Gubernur DKI ia khas dengan gaya busananya kemeja kotak-kotak berwarna merah. Kemudian ketika terpilih menjadi Presiden, Jokowi identik dengan penampilannya setelan kemeja putih dan celana hitam.

Bukan cuma outfitnya saja, belakangan ini barang keseharian yang dimiliki Jokowi pun juga tak sedikit yang mendadak viral. Sebutlah salah satunya adalah pulpen merek Zebra F-301 Compact yang dibawanya saat debat ke-2 Pilpres, Minggu (17/2) lalu yang disebut sebagai alat bantu.

Tentunya, hampir semua barang Jokowi yang mendadak viral ini memiliki kisah di belakangnya. Kira-kira apa saja ya? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, barang keseharian Jokowi yang curi perhatian, Rabu (20/2).

1. Pulpen Rp 29 ribu.

Loading...

barang jokowi viral © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@pramonoanungw

Tiga hari usai debat ke-2 Pilpres 2019 berlangsung, pulpen yang dibawa Jokowi masih ramai jadi perbincangan. Ya, dalam penampilannya malam itu, ada yang mempermasalahan karena menyebut pulpen yang dibawanya adalah alat contekan sekaligus alat bantu earpiece.

Mengetahui ramainya isu tersebut, Jokowi membantah bahwa pulpen yang dibawanya hanyalah pulpen biasa yang sering ia bawa sehari-hari.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by M. Bahrunnajach (@m.bahrunnajach) on

"Ah ada-ada saja. Itu fitnah. Fitnah itu jangan diterus-terusin. Ini pulpennya. Ya cek saja. Jadi enggak usah buat isu-isu yang fitnah begitulah," ujarnya.

2. Jaket ala Dilan.

barang jokowi viral © 2019 brilio.net

foto: Biro Pers Setpres

Aksi Jokowi menjajal motor menuju Sukabumi, Jawa Barat beberapa waktu lalu sempat ramai jadi sorotan. Menyusuri jalanan dengan motor besar dan jaket jeans, Jokowi bahkan mendapat julukan 'Dilan' oleh masyarakat. Rupanya jaket dari seniman lokal Never Too Lavish ini dibanderol Rp 4 juta.

3. Sarung.

barang jokowi viral © 2019 brilio.net

foto: Twitter/@kemensetnegri

Kunjungan ke Pekalongan, Jawa Tengah, Jokowi tampil berbeda dari biasanya. Bila ia khas dengan penampilannya berupa setelan kemeja putih celana hitam, kala itu ia justru mengenakan kemeja putih, jas hitam, sarung dan peci di kepalanya. Saking bikin penasarannya, warganet pun mencoba menebak-nebak merek apa sarung tersebut.

4. Laptop nonton Piala AFF 2016.

barang jokowi viral © 2019 brilio.net

foto: Twitter/@jokowi

Tak bisa menyaksikan pertandingan Piala AFF 2016 berlangsung lantaran tengah kunjungan kerja di Iran, Jokowi akhirnya memutuskan untuk tetap memberikan dukungan meski hanya dapat menonton melalui laptop saja. Lewat akun Twitternya, ia menuliskan ucapan selamat kepada Tim Nasional Indonesia.

barang jokowi viral © 2019 brilio.net

Tak jauh berbeda dari sarungnya, laptop Jokowi pun mengundang penasaran publik. Warganet menebak-nebak merek laptop orang nomor satu di Indonesia itu. Bahkan sampai ada akun Twitternya lho.

5. Payung 212.

barang jokowi viral © 2019 brilio.net

foto: merdeka.com

Hadiri salat Jumat bersama peserta aksi 212 tahun 2016 lalu, Jokowi tampak santai berjalan dari Istana Negara menuju Monas. Menariknya, di tengah hujan deras Jokowi santai memegang payung sendiri tanpa bantuan.

barang jokowi viral © 2019 brilio.net

Nggak heran, penampilannya Jokowi membawa payung kala itu bahkan jadi trending topic. Bahkan berujung dengan cuitan-cuitan lucu, hasil kreasi dari warganet.

6. Sendal jepit.

barang jokowi viral © 2019 brilio.net

foto: Biro Pers Setpres

Di sela-sela kunjungannya di Papua, Jokowi mengunggah momen saat dirinya sedang memancing di atas kapal. Ia terlihat mengenakan celana hitam, jaket merah, serta celana jepit biasa. Meski sekilas terlihat biasanya, sendal jepit itu nyatanya jadi pusat perhatian lho.

Sebaliknya warganet salah fokus dengan sendal jepit Swallow ClassicD D05 yang harganya sekitar Rp 20 ribu tersebut.

7. Helm di Asian Games.

barang jokowi viral © 2019 brilio.net

foto: Antara/Inasgoc

Siapa yang tidak terpana dengan aksi Jokowi dipembukaan Asian Games 2018 lalu? Ya, Jokowi kala itu mengendarai motor sport jenis Yamaha FZ1 dari Istana Kepresidenan Bogor menuju stadion. Aksi memukaunya tentu jadi trending topik di media sosial.

Selain sosok stuntman, helm hitam full face yang dipakainya ini juga bikin salah fokus. Helm ini mempunyai fitur chin guard flip up, ventilasi, extractor, inner lining removeable, dan masih banyak lagi.

8. Batik Jokowi.

8 Barang keseharian Jokowi ini mendadak viral, ada pulpen Rp 29 ribu © 2019 brilio.net

foto:liputan6.com

Jokowi dalam beberapa kesempatan tidak hanya mengenakan jas dalam melakukan tugasnya. Dia kerap terlihat mengenakan kemeja batik. Ternyata kemeja batik yang dikenakannya ini menjadi tren tersendiri dan digandrungi banyak orang.

Ada beberapa motif batik Jokowi yang sering dipesan ke penjahit langganan Jokowi di Solo. Di antaranya batik motif Padi Seikat warna hitam dan cokelat serta motif Rajawali merah dan batik kawung. Tren batik presiden ini diungkapkan oleh penjahit langganan Jokowi, Suparto.

"Banyak pesanan untuk menjahit batik sesuai dengan motif dan warna yang sering dikenakan Jokowi, " kata Suparto.