Brilio.net - Gunung Agung kembali mengeluarkan abu vulkanik pada Minggu (26/11). Menurut ‎Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Gunung agung masih berpotensi untuk mengalami letusan besar. Dilansir dari PVMBG, Indeks letusan Gunung Agung (Volcanic Explosivity Index) mencapai level 5. Level ini sama dengan saat Gunung Agung meletus pada tahun 1963.

Intensitas Abu Vulkanik yang tinggi membuat Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali terpaksa membatalkan penerbangan dari dan ke Bali sehari, mulai dari Senin (27/11) hingga Selasa (28/11). Total sejumlah 445 penerbangan ditunda.

"Untuk penerbangan khusus domestik ada 249 pembatalan. Kedatangan untuk internasional ada 97 dan 99 keberangkatan," kata Communication and Legal Section Head Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim.

Setidaknya ada 6.000 calon penumpang yang terkena dampak akibat erupsi Gunung Agung. Tapi angka ini masih bisa naik lagi karena maskapai belum seluruhnya melaporkan jumlah penumpang.

"Jumlah penumpang masih belum seluruhnya terlaporkan dari masing-masing airline. Perkiraan mencapai 60 ribu calon penumpang," kata Arie.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (27/11), berikut 7 kondisi terkini dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.


1. Bandara akan dibuka jika kondisi sudah memungkinkan.

 

2. Pada Minggu (26/11), kondisi bandara ini masih berjalan normal.

 

3. Wisatawan mancanegara dan domestik banyak yang melakukan refund tiket.

 gunung agung bandara © 2017 brilio.net

foto: Twitter/@kemenpar_RI



4. Posko pelayanan wisatawan terkait efek letusan Gunung Agung sudah didirikan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

 gunung agung bandara © 2017 brilio.net

foto: Twitter/@kemenpar_RI



5. Penumpukan calon penumpang diprediksi akan semakin meningkat mengingat banyak maskapai yang lambat memberi informasi.

 gunung agung bandara © 2017 brilio.net

foto: merdeka.com



6. Banyak penerbangan yang harus dibatalkan karena status Gunung Agung yang naik dari Siaga ke Awas.

 

A post shared by Bali Kami (@balikami) on

 

7. Terlihat berbagai penerbangan domestik dibatalkan karena abu vulkanik dari Gunung Agung.

 gunung agung bandara © 2017 brilio.net

foto: Twitter/@DanU40904655