Brilio.net - Belum berakhir kesedihan warga Sulawesi dengan gempa dan tsunami di Palu, kini mereka kembali dikejutkan dengan adanya erupsi Gunung Soputan pada Rabu (3/10) pukul 08.47 WITA di Minahasa, Sulawesi Utara. Letusan yang mencapai ketinggian 4.000 meter ini membuat Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau warga sekitar untuk menghindari radius 4 kilometer dari puncak gunung.

Adanya peringatan level siaga pada Gunung Soputan akhirnya menyebabkan jalur pendakian juga ditutup. Padahal, Gunung Soputan menjadi salah satu gunung favorit yang cukup sering dikunjungi pendaki maupun wisatawan.

Selain karena alamnya yang indah, terdapat banyak tempat wisata yang ada di sekitar gunung. Kira-kira wisata apa saja yang ada di sana? Dan apa saja fakta menarik tentang Gunung Soputan ini? Berikut brilio.net sudah merangkum fakta-fakta Gunung Soputan dari berbagai sumber, Kamis (4/10).

1. Salah satu gunung teraktif di Sulawesi.

fakta soputan Istimewa

Loading...

foto: istimewa

Gunung Soputan merupakan salah satu gunung api teraktif yang ada di Sulawesi. Bahkan, sejak tahun 2000, jumlah erupsinya tercatat dari mulai satu hingga enam tahun sekali.

2. Hutan pinus Gunung Soputan menjadi spot favorit pendaki.

fakta soputan Istimewa

foto: exploremanado.com

Incaran para pendaki tentu saja adalah pemandangan alamnya. Salah satu pemandangan yang paling disukai adalah di Gunung Soputan adalah hutan pinusnya. Bahkan, tak jarang lokasi hutan pinus Gunung Soputan digunakan sebagai tempat prewedding.

3. Kaya akan tempat wisata.

fakta soputan Istimewa

foto: Instagram/@alfath_syaban

Di kawasan Gunung Soputan terdapat banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi sekaligus, seperti Kawah Tua, Gua Jepang, Padang Pasir, Air Terjun, dan Gunung Soputan sendiri.

4. Menikmati kawasan gunung bisa gunakan motor trail.

fakta soputan Istimewa

foto: botol-adventure.blogspot.com

Tak perlu capek-capek ketika ingin berkeliling di kawasan wisata Gunung Soputan, karena pengunjung dapat menggunakan motor trail yang disewakan. Jika berjalan kaki membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam, menggunakan motor trail ini hanya memakan waktu 30 menit.

5. Legenda jalan menuju langit.

fakta soputan Istimewa

foto: kawanuamanadoo.blogspot.com

Gunung Soputan bersama empat gunung lainnya di Minahasa ternyata memiliki legenda yang unik. Di dalam legenda catatan Pendeta N Graafland tersebut diceritakan bahwa Gunung Soputan dan Gunung Lokon hanya merupakan anak gunung, dan menjadi jalan menuju langit. Para dewa dan manusia dapat naik turun langit melalui dua gunung tersebut. Hingga akhirnya pernah salah seorang manusia marah dan memotong puncak Gunung Soputan, lalu melemparkannya ke lautan. Lemparan manusia itu kemudian diyakini sebagai Manado Tua.