Brilio.net - Selama ini mungkin muncul pertanyaan, kok startup itu bisa berkembang pesat ya? Apa sih kuncinya? Kerja keras sudah pasti dong.

Yang juga nggak kalah penting adalah kekompakan tim. Tapi tahu nggak sih, sebuah startup itu bisa berkembang sangat ditentukan tiga sosok yang kerap disebut sebagai “the dream team”. Kadang mereka juga disebut “the startup triangle team”.  

Yacademy 3H © 2017 brilio.net(ctzirtzipis.com)

Dalam dunia startup, tiga profesi ini sangat dibutuhkan. Ketiganya dinilai sangat menentukan nafas sebuah startup. Sampai-sampai Chief Creative Officer AKQA, Rei Inamoto seperti dilansir Forbes dalam sebuah pertemuan beberapa waktu lalu berkata begini.

“Untuk menjalankan tim yang efisien, Anda hanya memerlukan tiga orang. Seorang hipster, seorang hacker, dan seorang hustler.”

Karena itu ketiga sosok ini memegang peranan penting dalam startup. Sebab, membangun startup bukan perkara gampang lho. Bukan cuma sekadar memiliki ide dan modal saja, tetapi juga kolaborasi tim eksekusi yang baik. Karena itu dibutuhkan tiga profesi ini untuk menjadi urat nadi bisnis. Apa saja ya?

1. Hustler

Yacademy 3H © 2017 brilio.net

Profesi ini harus dimiliki orang cerdas yang bisa memastikan perusahaan menghasilkan uang. Ya istilah gampangnya harus memikirkan satu hal penting, jualan. Karena itu hustler harus memiliki mata yang tajam terhadap angka, seperti struktur keuangan dan biaya. Nah kebanyakan posisi hustler diisi seorang CEO. Seorang hustler dituntut dapat menjual ide ke investor, melakukan pitching produk ke konsumen, membentuk networking hingga fokus pada masalah manajemen perusahaan. Dia juga mesti membangun tim yang solid. Menjadi penyulut semangat tim termasuk mengelola berbagai project. Seorang hustler juga dituntut memiliki kemampuan memperbarui model bisnis.

2. Hacker

Yacademy 3H © 2017 brilio.net

Posisi ini mesti dipegang orang yang paham teknologi. Seorang hacker harus memiliki keterampilan dasar dunia programming atau coding, baik mengenai teknologi yang diinginkan pelanggan hingga membuat platform yang tujuannya untuk mengembangkan bisnis. Kebanyakan posisi ini ditempati seorang Chief Technology Officer (CTO). Hacker adalah orang yang menciptakan algoritma, kekayaan intelektual dan teknologi yang dihasilkan yang membentuk bangunan bisnis. Seorang hacker sangat berperan dalam memilih lingkungan dan platform pengkodean start-up untuk mempertahankan pertumbuhan bisnis.

3. Hipster

Yacademy 3H © 2017 brilio.net

Nah yang menjadi pembeda utama dalam dunia teknologi saat ini adalah desain. Nggak heran jika startup sangat membutuhkan sosok kreatif yang punya passion di bidang yang satu ini. Dia ini dikenal sebagai hipster. Seorang hipster harus memiliki cita rasa yang baik sehingga mampu mencitrakan startup-nya sebagai sebuah brand yang bagus sekaligus mengemas tampilan website atau aplikasi brand lebih user friendly.

Nah, untuk menentukan langkah kamu mau memilih posisi yang mana dalam tiga sosok penting itu sebenarnya nggak susah-susah banget. Kamu bisa mengikuti tes online Ysore dari Yacademy.

Di sini kamu bisa memperdalam passion untuk menjadi salah satu dari tiga profesi penting itu lewat Yscore. Kamu bisa mengembangkan karier sebagai startup hustler, hipster atau hacker.

Nah saat mengikuti Yscore, kamu nggak perlu repot harus kuliah khusus kok. Cukup sediakan waktu sejenak tanpa harus mengganggu aktivitas keseharian kamu kok. Gampang kan?