Brilio.net - Presiden Republik Indonesia terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo atau Jokowi tengah mempersiapkan susunan menteri yang akan mengisi kabinetnya selama lima tahun ke depan. Sejumlah nama pun telah dipersiapkan Jokowi untuk membantu kinerjanya sebagai presiden.

Dalam menyusun komposisi menteri dalam Kabinet Kerja Jilid II, Jokowi mengungkapkan akan memberikan kesempatan kepada kalangan milenial atau generasi muda untuk bergabung. Presiden Jokowi secara terang-terangan meminta ketua umum partai politik pengusungnya untuk mengajukan nama dari kalangan muda untuk dijadikan menteri.

"Saya minta dari partai juga ada yang muda, ada dari profesional juga," kata Jokowi dikutip dari merdeka.com, Selasa (16/7).

Sejumlah nama politikus muda dari anak petinggi partai politik pun mulai bermunculan untuk berpeluang menjadi calon menteri Jokowi. Siapa saja? Berikut 3 politikus muda anak petinggi partai yang berpeluang menjadi menteri Jokowi dilansir brilio.net dari merdeka.com, Selasa (16/7).

1. Angela Tanoesoedibjo.

menteri muda jokowi © 2019 brilio.net

Angela Tanoesoedibjo merupakan putri sulung Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo. Angela disebut-sebut menjadi kandidat sebagai menteri Jokowi. Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq, mengatakan pihaknya mengusulkan Angela karena sesuai dengan kriteria Jokowi yang mencari menteri dari kalangan muda dan pintar.

"Prinsipnya Perindo tidak akan memberikan nama-nama. Tapi jika diminta akan kami minta. Kalau Pak Jokowi akan meminta, maka salah satunya yang diajukan Angela," kata Rofiq.

Angela adalah sosok pemuda yang kaya akan prestasi di usianya 32 tahun, Angela Tanoesoedibjo ditunjuk sebagai Direktur Perseroan MNC Group. Dalam struktur pengurus Partai Perindo, Angela Tanoesoedibjo menduduki posisi wakil sekretaris jenderal.

2. Prananda Paloh.

menteri muda jokowi © 2019 brilio.net

Prananda Paloh ialah calon menteri Jokowi yang merupakan putra dari Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. Sekjen Partai Nasdem, Johnny G Plate mengungkapkan Prananda layak menjadi calon menteri muda Jokowi karena berpengalaman.

"Dia juga adalah Ketua Garda Pemuda NasDem yang keanggotaannya puluhan ribu di seluruh Indonesia. Jadi, pengalaman di dalam mengelola organisasi dan sebagai bagian dari pembuat UU sudah cukup panjang. Di samping itu dia juga profesional di bidang usaha," ucapnya.

Prananda saat ini menjadi anggota komisi I DPR periode 2014-2019. Terpilih kembali menjadi anggota DPR untuk periode 2019-2024.

3. Agus Harimurti Yudhoyono.

menteri muda jokowi © 2019 brilio.net

Putra sulung Ketua Umum Partai Demokrat, Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY), yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) santer terdengar jadi kandidat menteri Jokowi. Meski demikian, sampai saat ini Demokrat belum menentukan sikap politik menjadi oposisi atau masuk bergabung dalam pemerintahan.

Di sisi lain, politikus Partai Demokrat Roy Suryo, mengatakan AHY siap menjadi menteri jika dipilih Jokowi.

"Kalau memang beliau (AHY) diminta bergabung (menjadi menteri Jokowi), menurut saya beliau sudah sangat siap," ujar Roy.

Saat ini, AHY menjabat sebagai Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat.