Brilio.net - Festival Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan di Bandung berlangsung cukup meriah Sabtu (26/8). Acara Festival Karnaval yang sudah digelar ketiga kalinya ini diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi, dilanjutkan permainan 1.000 gendang tangan oleh para siswa dan siswa SDN Bandung.

Kemeriahan itu bisa terlihat dari antusiasme warga yang ikut berpartisipasi dalam acara karnaval. Berikut beberapa kemeriahan dalam karnaval.

1. Presiden naik mobil Pancasila.

Mobil karnaval © 2017 brilio.net

Tisna Sanjaya, Budayawan dan pengajar di Institut Teknologi Bandung, bersama dengan budayawan lainnya, Aat Suratin, Joko Kurnain, dan beberapa budayawan lainnya mendapat tugas untuk merancang mobil tersebut.

Loading...

Tisna dan teman-temannya menggagas sebuah kendaraan yang menyimbolkan kerja keras pemimpin untuk membawa kesejahteraan rakyatnya. Menurut Tisna, konsep yang diusung adalah mobil bajasan, artinya sederhana, tetapi lahir dari kerja keras. Sebuah truk dihias dengan kepala burung Garuda yang tegak gagah berani. Lalu di bagian belakangnya disusun seeng (dandang), alat memasak tradisional Sunda, yang dipakai untuk membentuk tumpeng raksasa.

"Ada sekitar 99 seeng buatan pengrajin Tasikmalaya yang dipakai untuk membentuk tumpeng. Di dalam seeng itu akan diisi air yang diambil dari 99 mata air di Jabar. Makna angka 99 ini juga merujuk pada Asmaul Husna (nama-nama Sang Pencipta), hal ini mengingatkan kita pada Sang Pencipta,” ujar Tisna.

Menurut Tisna, makna air dalam seeng itu adalah simbol spiritualitas yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Jawa Barat. Sebagai sumber kehidupan, air dapat kita pakai berwudhu, bersuci, minum, dan sebagainya. Untuk menggambarkan kesejahteraan, di dalam tumpeng seeng itu dimasukkan aseupan, yakni wadah untuk mengukus nasi atau makanan lain yang berbentuk kerucut dan terbuat dari bambu yang dianyam. Di dalam aseupan itu akan dimasukkan hasil bumi seperti dimasukan hasil bumi seperti gabah, ubi, singkong, talas, dan sebagainya. Dan, di depan kendaraan itu aka nada puisi tentang semangat dan optimisme.

2. 9 Best National Costume Jember Fashion Carnaval (JFC) hadir di Karnaval Kemerdekaan.

Dynand fariz © 2017 brilio.net

Founder sekaligus Presiden JFC, Dynand Fariz mengatakan pihaknya bersyukur bisa mendapat kesempatan untuk tampil menyemarakan perayaan puncak HUT Kemerdekaan RI.

“Alhamdulillah kita diundang oleh Pak Presiden. Serta mendapat kesempatan untuk tampil dalam Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan,” katanya.

Pada karnaval kemerdekaan ini, ia mengambil tema VICTORY - Unity in Diversity yang melambangkan kemenangan Indonesia dalam berbagai kompetisi dunia. Ia pun menghadirkan sembilan best national costume yang pernah memenangkan kompetisi tingkat dunia.

"Ada sembilan best national costume, ada Bali, Toraja Karembau, Papua, Borneo, Lampung, Toraja Tongkonan, Borobudur, Betawi, dan Garuda. Anda bisa lihat kostum yang terinspirasi dari tanduk kerbau dan itu sangat wow," ucapnya.

3. Puluhan domba ikut karnaval.

Domba garut © 2017 brilio.net

Ketua Himpunan Domba Kambing Indonesia, Yudi Guntara mengatakan, pihaknya memang sengaja mengajak para peternak domba untuk tampil di acara karnaval kemerdekaan ini.

Uniknya, domba-domba yang merupakan domba pilihan yang sering memenangkan kontes kejuaraan menggunakan pakaian yang sangat menarik perhatian.

"Kita bawa 20 ekor domba pilihan. Hiasannya ada yang standar, kalau yang standar itu dengan gongseng, gongseng itu sabuk kejuaraan, domba-domba itu yang pernah memenangkan kejuaraan," katanya.

"Ada juga domba kontest yang biasa berjalan di cat walk. Domba-domba ini didandani seperti umbrella girl," lanjutnya.