Brilio.net - Sejumlah daerah di Tanah Air mulai meliburkan kegiatan belajar mengajar di sekolah mulai Senin (16/3). Hal ini dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus Corona (Covid-19). Selanjutnya para siswa disarankan melakukan kegiatan belajar di rumah masing-masing dengan menggunakan teknologi informasi dan media sosial. 

Kondisi inipun direspons sejumlah aplikasi pembelajaran berbasis pendidikan dengan memberikan kemudahan bagi para siswa untuk tetap mengikuti kegiatan belajar di rumah.    

Berikut tiga aplikasi yang memberikan fasilitas gratis agar para siswa tidak ketinggalan pelajaran ketika sekolah terpaksa diliburkan selama 14 hari akibat penyebaran Covid-19.   

1. Kolaborasi Ruangguru dengan Telkomsel, bebas quota nih

Aplikasi Belajar © 2020 brilio.net

Loading...

Ruangguru, aplikasi belajar terbesar di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan kerjasama dengan Telkomsel. Para para pelajar, orang tua, maupun guru yang menggunakan Telkomsel di ponselnya kini bisa mengakses seluruh materi belajar di aplikasi Ruangguru bebas kuota hingga 30Gb.

Hal ini merupakan bentuk dan upaya bersama Ruangguru dan Telkomsel dalam menjawab tantangan belajar yang dihadapi siswa-siswi di Indonesia, akibat maraknya penutupan aktivitas belajar di sekolah selama situasi darurat kesehatan penyakit COVID-19.

Untuk memanfaatkan kesempatan ini, pengguna nomor prabayar dan pasca bayar Telkomsel dapat mengaktifkan paket data Rp0 melalui aplikasi My Telkomsel. Setelah pengguna memasukkan nomor Telkomsel yang aktif, pengguna akan mendapatkan akses data sebesar 30GB untuk akses Ruangguru selama 30 hari sejak tanggal aktivasi.

Dijelaskan Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro, langkah ini diambil Telkomsel untuk mendukung upaya gotong royong pemerintah dalam penanganan penyebaran COVID-19. Telkomsel berperan sebagai penghubung atau connectivity enabler.

“Upaya ini merupakan bentuk kontribusi Telkomsel untuk memastikan proses belajar para siswa tetap dapat dilakukan dengan efektif selama masa penerapan sistem belajar jarak jauh di berbagai daerah,” ujar Setyanto.

Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru Belva Devara mengatakan, pihaknya menyadari bahwa kegiatan belajar siswa dapat terganggu di tengah-tengah situasi sekolah diliburkan untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Oleh karena itu, kami sangat menyambut positif niat baik dari Telkomsel untuk ikut serta membantu akses belajar bagi anak-anak Indonesia,” kata Belva.

Untuk membantu siswa agar bisa belajar efektif di rumah, Ruangguru meluncurkan program Sekolah Online Ruangguru Gratis. Lewat program ini, para siswa dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring (live teaching) setiap hari Senin sampai Jumat, layaknya sekolah seperti biasa, di aplikasi Ruangguru.

Dimulai dari Senin, 16 Maret 2020, siswa bisa mengikuti pembelajaran Sekolah Online Ruangguru Gratis dari pukul 08.00-12.00 WIB, di mana akan tersedia 15 kanal live teaching yang mencakup semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum nasional, mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS), yang dipandu para Master Teachers Ruangguru. Selain fasilitas live teaching, para siswa dapat terus melatih pemahamannya melalui fitur Bank Soal dan Online Tryout secara gratis.

2. Quipper bantu guru dan siswa maksimalkan belajar 

Aplikasi Belajar © 2020 brilio.net

Sebagai bentuk pertimbangan dari pemerintah terhadap mitigasi COVID-19, Quipper berupaya memberikan upaya untuk membantu memaksimalkan kegiatan belajar mengajar yang sementara waktu ini mengharuskan untuk melakukan sistem belajar jarak jauh.

Sebagai salah satu perusahaan edutech di Indonesia, Quipper memberikan akses gratis berupa video pembelajaran dan materi soal pada platform Learning Management Systems (LMS) yang dimilikinya yaitu Quipper School. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dari dukungan terhadap kebijakan dari sejumlah Pemerintah daerah untuk menghentikan sementara aktivitas bersekolah karena darurat kesehatan virus corona COVID-19. 

Content Associate Manager Quipper Indonesia, Hanani Faiza menerangkan pemanfaatan Learning Managements System (LMS) dan konten gratis di Quipper School merupakan salah satu bentuk dukungan Quipper untuk pemerintah dan kepedulian Quipper kepada jutaan guru untuk dapat tetap menjalankan kegiatan belajar mengajar yang efektif meskipun melalui jarak jauh. 

"Melalui inisiatif #BisaTetapBelajar ini, kami menyediakan sistem dan materi pembelajaran online secara gratis untuk guru dan siswa yang terkena dampak dari penutupan sekolah dikarenakan penyebaran COVID-19 di Indonesia. Guru dan siswa akan dapat mengakses lebih dari 10.000 video dan 75.000 soal yang mencakup materi Kelas 9 - 12,” ujar Hanani.

Selain dapat diakses secara gratis, guru dapat memberikan tugas, ujian, atau try out kepada siswa secara online. Hasil kerja siswa juga dapat langsung di monitor oleh guru secara langsung melalui fitur yang terdapat pada platform Quipper School. Selain itu, guna memaksimalkan kualitas kegiatan mengajar, para guru juga dapat langsung mengakses video pelatihan yang diharapkan dapat dijadikan sebagai sumber untuk mengasah kemampuan mengajar guru.

3. Zenius gratiskan akses belajar online

Aplikasi Belajar © 2020 brilio.net

Merespons kebijakan beberapa Pemda menghentikan sementara aktivitas bersekolah, serta pertimbangan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia untuk mendukung implementasi penundaan Ujian Nasional (UN), Zenius Education sebagai pionir pendidikan berbasis teknologi (edtech) di Indonesia memutuskan menggratiskan akses ke 80.000 video pembelajaran di seluruh platformnya tanpa terkecuali. Hal ini dilakukan untuk memudahkan akses para siswa belajar di rumah secara mandiri dan mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional (UN).

“Dalam kondisi saat ini, Zenius berupaya mengerahkan seluruh upaya terbaik kami untuk mendukung kebijakan pemerintah yang sementara waktu harus melakukan kegiatan belajar mengajar jarak jauh. Selain dapat diakses secara gratis, mayoritas video pembelajaran dihadirkan dengan format whiteboard yang memerlukan kuota internet paling hemat, sehingga diharapkan dapat memudahkan akses seluruh siswa kelas 1 sampai 12 untuk belajar mandiri dan mempersiapkan diri untuk menghadapi UN,” ujar Rohan Monga, Chief Executive Officer Zenius Education

Saat ini, Zenius juga menyediakan akses latihan soal terbesar dengan ratusan ribu soal latihan untuk pembelajaran mandiri siswa. Guru pun dapat turut membagikan konten berupa video pembelajaran dan latihan soal tersebut kepada siswa dan orang tua murid melalui berbagai platform media sosial yang ada, seperti grup WhatsApp.