Brilio.net - Tepat pada 26 Desember 2004 lalu, Aceh dilanda duka yang begitu dalam. Kota yang dijuluki Serambi Makah ini diterjang tsunami yang sebelumnya diguncang gempa berkekuatan 9,1 SR. Gempa dan tsunami menghantam Aceh kemudian menghabiskan sebagian besar kawasan Aceh. Ratusan ribu orang jadi korban dalam bencana paling mematikan sepanjang sejarah.

Kini 14 tahun berlalu, namun duka tersebut masih dirasakan sebagian besar warga Aceh. Setiap tahun, Aceh menggelar doa bersama untuk mengenang para korban bencana gempa dan tsunami tahun 2004 silam.

Bagi warga Aceh wajib hukumnya mengadakan doa bersama setiap tanggal tersebut. Tak hanya itu saja, selama beberapa hari menjelang peringatan puncak, mereka menggelar doa bersama di berbagai kampung.

Hal lain yang dilakukan untuk memperingati gempa dan tsunami 2004, masyarakat Aceh mengibarkan bendera setengah tiang. Berbagai acara lainnya juga dilaksanakan. Ada yang berbondong-bondong datang ke kawasan kuburan masal untuk mendoakan sanak saudaranya di sana, dan lain halnya.

Setelah 14 tahun berlalu, kondisi Aceh jauh lebih baik. Jika dilihat, Aceh mengalami transformasi yang luar biasa, semua mulai berjalan dengan normal kembali. Memperingati 14 tahun tsunami Aceh, banyak warga mencurahkan isi hatinya melalui tagar #14tahuntsunamiaceh. Hampir setiap tahun tagar ini menjadi trending topic di Twitter.

Loading...

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (26/12), berikut foto-foto unggahan warganet dalam memperingati 14 tahun tsunami Aceh.

1. Potret pantauan udara usai tsunami, beginilah kondisi Aceh. Habis tak tersisa. Hanya ada satu masjid, yakni Masjid Raya Baiturrahman yang berdiri kokoh di tengah-tengah kota.

14 Tahun Tsunami Aceh istimewa

-foto: Twitter/@danasg95

2. Masjid ini menjadi saksi bisu bagaimana kondisi pada 26 Desember 2004 silam.

14 Tahun Tsunami Aceh istimewa

foto: Twitter/@Stfdhllh

3. Kondisi yang begitu memprihatinkan. Kejadian ini benar-benar menyisakan luka yang begitu dalam.

14 Tahun Tsunami Aceh istimewa

foto: Twitter/@muyen_elzikry

4. Kejadian yang tak pernah diduga sebelumnya dan mengejutkan. Ratusan ribu orang menjadi korban, tak kenal tua maupun muda.

14 Tahun Tsunami Aceh istimewa

foto: Twitter/@retnolialabibah

5. Beginilah saat tsunami menerjang pada 26 Desember 2004 silam. Air laut dengan cepat menghanyutkan apapun yang ada. Peristiwa ini pastinya tak bisa dilupakan begitu saja oleh masyarakat Aceh, kepedihan mendalam masih dirasakan mereka.

6. Bencana tersebut memakan korban yang tak sedikit. Perintah Aceh membangun satu museum yang cukup besar dan diberinama Museum Tsunami. Semua nama korban tertulis di dinding museum tersebut. Setiap keluarga yang berkunjung, pasti memanjatkan doa untuk sanak keluarga yang mayatnya tak ditemukan.

14 Tahun Tsunami Aceh istimewa

foto: Twitter/@avrilgemasih

7. Tsunami 2004 silam, masyarakat Aceh menjadi lebih tegar dan kuat. Mereka berharap hal terburuk tak akan menimpa Serambi Mekah lagi.

14 Tahun Tsunami Aceh istimewa

foto: Twitter/@syahrulR2601

8. Berbagai harapan dan doa dipanjatkan untuk mengenang Tsunami Aceh 2004 silam.

14 Tahun Tsunami Aceh istimewa

foto: Twitter/@MedinaZahra9

9. Mereka yang selamat, berusaha mencari sanak saudaranya di atas puing-puing bangunan yang berserakan.

14 Tahun Tsunami Aceh istimewa

foto: Twitter/@RizkyWa70484369

10. Salah satu kapal yang sangat besar terdampar karena terseret gelombang laut yang sangat besar, ke area pemunkiman warga. Hingga kini kapal tersebut tak dipindahkan dan menjadi saksi bisu betapa dahsyatnya bencana tersebut.

14 Tahun Tsunami Aceh istimewa

foto: Twitter/@anto_ich

11. Isak tangis tak bisa terbendung hingga kini. Apalagi saat mereka mengingat kembali masa kelam tersebut, air mata tak bisa dibendung.

14 Tahun Tsunami Aceh istimewa

foto: Twitter/@an_pichi

12. "Mengenang kembali dahsyatnya musibah gempa dan tsunami di Aceh, yg terjadi tepat 14 tahun silam. Sejenak kita panjatkan doa untuk para syuhada korban gempa dan tsunami Aceh. Semoga amal dan ibadah diterima di sisi-Nya. Al-Fatihah," tulis pengguna akun Twitter @hardykurniadi33.

13. Kini kondisi Aceh sudah jauh lebih baik. Semua sudah berjalan dengan normal kembali, meski duka terkadang masih menghampiri sebagian besar warganya.

14 Tahun Tsunami Aceh istimewa

foto: Twitter/@Bilarahmanabila

14. Bencana besar tersebut menjadi kenangan buruk bagi masyarakatnya. Namun mereka tetap mengambil hikmah dari kejadian yang mematikan tersebut.

14 Tahun Tsunami Aceh istimewa

foto: Twitter/@MedinaZahra9

15. Semoga semua duka yang pernah terjadi tak pernah terulang lagi.

14 Tahun Tsunami Aceh istimewa

 foto: Twitter/@ganteng_juragan