Brilio.net - Sejak hari Selasa (21/11) hingga Senin (27/11) Gunung Agung di Karang Asem, Bali menunjukkan adanya peningkatan aktivitas. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho pun mengungkapkan sejak adanya sinar api yang terlihat pada Sabtu (25/11) lalu menunjukkan potensi letusan dimungkinkan semakin besar.

Gunung Agung masih aktif mengeluarkan erupsi beserta dentuman lemah yang bisa terdengar hingga jarak 12 kilometer. Tak hanya itu, abu vulkanik yang terus keluar membuat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Agung dari Siaga (level 3) menjadi Awas (level 4). Kenaikan level tersebut diumumkan sejak Senin (27/11) tepat pukul 06.00 WITA.

Dampak dari erupsi Gunung Agung ini menyebabkan penerbangan di Bandara Ngurah Rai mengalami penutupan. Beberapa penerbangan pun terpaksa dihentikan mengingat bahaya erupsi Gunung Agung. Tak hanya itu, bahaya lahar dingin juga mengintai masyarakat Bali.

Berikut 11 potret erupsi Gunung Agung yang terjadi di Pulau Dewata Bali dihimpun dari berbagai sumber pada Senin (27/11).

1.Masih banyak warga yang enggan mengungsi karena merasa masih aman.

erupsi G Agung © 2017 brilio.net

foto: Twitter/@Sutopo_BNPB

2. Potret Gunung Agung erupsi diambil dari Kintamani.

erupsi G Agung © 2017 brilio.net

foto: Twitter/@Guskowiranata

3. Erupsi Gunung Agung ini menyita perhatian dunia. Beberapa jadwal penerbangan pun terpaksa diberhentikan karena kondisi yang tak memungkinkan.

erupsi G Agung © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@Anksmrynt

4. Kepulan awan panas masih terlihat.

erupsi G Agung © 2017 brilio.net

foto: Twitter/@SwaramudaBDG

5. Erupsi Gunung Agung di musim penghujan ini membuat terjadi lahar dingin. Berikut video yang menunjukkan aliran lahar dingin di kawasan Wisata Sungai Unda.

 

6. Pihak BNPB telah memberikan peringatan kepada masyarakat untuk berhati-hati dengan musim hujan dan aliran lahar dingin.

 

7. Aliran lahar dingin akibat erupsi Gunung Agung. 

 

8. Saat erupsi Gunung Agung pada Minggu (26/11) pukul 22.00 WITA. Tampak sinar api dan asap tebal berwarna kelabu di atas puncak kawah.

erupsi G Agung © 2017 brilio.net

foto: Twitter/@Sutopo_BNPB

9. Hingga berita diturunkan, status Gunung Agung masih siaga. Warga diimbau untuk berhati-hati.

erupsi G Agung © 2017 brilio.net

foto: Twitter/@BNPB_Indonesia

10. Banyak warga ikut menyaksikan erupsi Gunung Agung. Tak lupa mengenakan masker untuk menghindari penyakit sesak napas karena hujan abu vulkanik.

erupsi G Agung © 2017 brilio.net

foto: Twitter/@info_tabanan

11. Abu vulkanik yang dimuntahkan Gunung Agung terlihat berbeda warna. Hal tersebut disebabkan perbedaan gas solfatara.