Brilio.net - Kasus penyebaran virus Covid-19 di India benar-benar membuat dunia tercengang. Bagaimana tidak, India kembali mencetak rekor tertinggi untuk tambahan kematian dalam 24 jam mencapai 3.000 orang. Secara total, lebih dari 200 ribu orang meninggal akibat corona di berbagai wilayah India.

Dilansir dari bbc.com, Kamis (29/4) pemerintah India berjuang untuk mendapatkan pasokan oksigen. Oksigen tersebut diberikan ke rumah sakit yang kewalahan akibat bertambahnya ratusan ribu kasus harian baru setiap harinya. Di tengah persediaan oksigen yang menipis, banyak masyarakat India yang meninggal dunia.

Kematian yang terus meningkat, tenaga tim medis pun kian terkuras. Belum lagi proses penguburan dan kremasi yang dilakukan tanpa henti. Dalam agama Hindu, kremasi secara tradisional merupakan bagian terpenting dari upacara pemakaman. Hal ini dikarenakan umat Hindu percaya bahwa tubuh harus dihancurkan untuk memaksa jiwa terpisah darinya.

Di ibu kota India, Delhi, para pekerja terpaksa membangun tumpukan kayu pemakaman darurat, dengan memanfaatkan taman dan ruang kosong lainnya untuk pelaksanaan prosesi kremasi. Bahkan pihak berwenang dilaporkan menebang pohon di taman kota untuk digunakan sebagai kayu bakar.

Tak bisa bekerja sendiri, tim bertugas juga meminta bantuan pihak keluarga untuk menumpuk kayu dan membantu ritual kremasi lainnya. Lalu seperti apa kondisi India yang kian hari mengkhawatirkan karena penyebaran Covid-19? Berikut beberapa potretnya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (29/4).

1. "Sebuah akun Twitter @RajuDas7777 menginformasikan India telah mengirimkan 64,5 juta dosis vaksin Covid ke 85 negara di seluruh dunia. Dengan itu banyak nyawa orang di dunia telah terselamatkan. Saat ini terjadi krisis oksigen di negara tersebut. Banyak orang meninggal karena kekurangan oksigen. Semoga Tuhan membantu India," tulis akun tersebar.

2. Melihat kondisi India saat ini, jelas saja seluruh masyarakatnya membutuhkan uluran tangan dari berbagai negara. Harapan dan doa terus bergulir untuk India.

3. Saat ini tim medis bekerja mati-matian. Tentunya mereka sangat kewalahan. Pasalnya dalam sehari kasus baru terus meningkat.

4. Kondisi ini sangat mengharukan. Kematian yang terjadi di depan mata dalam jumlah ribuan dalam sehari tentunya tidak mudah diterima begitu saja.

5. Di tengah meningkatnya kematian di India akibat Covid-19, tenaga dan pasokan medis seperti oksigen pun kian memprihatinkan. Dalam kondisi ini oksigen begitu dibutuhkan.

6. Kesedihan kian terasa di India. Dalam sehari ribuan orang harus meregang nyawa.

7. #IndiaNeedsOxygen meramaikan Twitter, tak sedikit dari mereka yang mendoakan India dan mengharapkan agar bantuan bisa segera berdatangan.

8. Jika dilihat dari setiap potret yang beredar di dunia maya, kondisi India saat ini benar-benar memilukan dan juga mengerikan.

9. Prosesi kremasi dilakukan dengan memanfaatkan lahan-lahan kosong dan juga melakukan penebangan pohon di beberapa tempat di India.

10. Doa untuk India terus bergulir. Semoga tsunami Covid-19 di India bisa cepat teratasi.

keyword: Potret jenazah korban Covid-19 di India

(brl/far)

(brl/far)