Brilio.net - Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) berkoordinasi dengan Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur menarik soal ujian akhir semester tentang khilafah.

Dilansir brilio.net dari Dream, Kamis (5/12), Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK), A Umar mengatakan, soal yang ditarik itu merupakan mata pelajaran Kelas III Madrasah Aliyah (MA) di Kediri, Jawa Timur.

soal UAS singgung khilafah  Istimewafoto: Dream

"Soal itu dicabut dan diganti dengan soal yang lain yang akan diujikan tersendiri dalam ujian susulan," ujar Umar dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/12).

Dia mengatakan, ujian susulan itu akan dilaksanakan pada 11-13 Desember 2019. "Untuk ujian semester ganjil 2019-2020 MTs dan MA berlangsung dari 2-7 Desember 2019," ucap dia.

Lebih lanjut, Umar menjelaskan, penyusunan soal itu dilakukan oleh beberapa kelompok yakni Kelompok Kerja Madrasah (KKM) di kabupaten/kota dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

"Soal ujian Fiqh Kelas XII yang memuat pertanyaan tentang khilafah di Wilayah Kerja Kediri utara ini disusun oleh KKM tiga Kabupaten di wilayah kerja Kediri Utara, yang meliputi Kota Kediri, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Nganjuk," kata dia.

Umar mengaku, materi khilafah memang ada dalam silabus pelajaran fikih kelas XII. Ketentuan itu tercantum dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 165 Tahun 2014.

Dalam KMA itu menyebut, materi khilafah itu menjelaskan mengenai perkembangan pemerintah Islam setelah Nabi Muhammad SAW wafat dan dilanjutkan oleh Khulafaur Rasyidin, hingga runtuhnya masa Turki Utsmani.

Hanya saja, kata dia, tidak semua guru mampu menjelaskan secara mendalam mengenai materi khilafah. Apabila penjelasannya di luar konteks, itu dapat membuat pemahaman yang salah.

(brl/red)

(brl/red)