Brilio.net - Mulan Jameela telah resmi menjadi anggota DPR RI. Meski demikian, ternyata istri Ahmad Dhani ini masih menerima endorse barang dari online shop. Itu terlihat dari postingan akun Instagram miliknya belum lama ini. Mulan Jameela mengunggah sebuah foto endorse yang menampilkan tiga kacamata Gucci.

Oleh karena postingannya tersebut, eks personel Ratu ini disentil oleh KPK. Hal tersebut sebenarnya tidak dilarang, namun secara etika harus memperhatikan beberapa hal. Termasuk salah satunya aturan dari negara, bahwa seorang pejabat publik harus melaporkan apa-apa yang diberikan kepadanya sebagai hadiah. Termasuk barang endorse, yang nantinya diseleksi oleh KPK, apakah termasuk gratifikasi atau bukan.

Dilansir brilio.net dari kapanlagi.com, Jumat (18/10), awalnya Mulan hanya mengubah caption di postingannya soal pemberian kacamata bermerek GUCCI yang ia terima dari sebuah online shop. Kemudian istri Ahmad Dhani tersebut memutuskan untuk menghapus postingan.

Sebelum menghapus postingan, Mulan Jameela mengunggah tangkapan layar percakapan admin akun Instagramnya dengan pihak online shop. Percakapan ini yang menjadi bukti bahwa Mulan tidak menerima kacamata GUCCI seperti caption yang tertulis.

mulan jameela kacamata gucci disemprot © Instagram/@mulanjameela1

foto: Instagram.com/mulanjameela1

 

Caption itu pun didapatkan admin Mulan dari pihak online shop. Awalnya berbunyi pemberian, namun kemudian diedit dan ditegaskan bahwa itu adalah endorse.

"Bismillahirrahmanirrahim...Terimakasih @jakarta_eyew**r ngirim kacamata sebagus ini, buat sahabat onlineku yang lagi cari supplier kacamata termurah. bisa order langsung di @jakarta_eyew**r ya...," tulis Mulan pada postingan awal.

"Bismillahirrahmanirrahim... Wwooww @jakarta_eyewear kacamatanya bagus banget, buat sahabat onlineku yang lagi cari supplier kacamata termurah. bisa order langsung di @jakarta_eye**r ya...••#paidpromote," demikian bunyi caption setelah diedit.

mulan jameela kacamata gucci disemprot © Instagram/@mulanjameela1

foto: Instagram.com/mulanjameela1

 

Namun berubahnya caption ini tidak serta merta membuat kontroversi postingan kacamata GUCCI itu mereda. Mulan dan pihak online shop pun akhirnya sepakat untuk menghapus postingan tersebut.

Lewat Insta Story, anggota DPR RI dari Partai Gerindra ini pun menjelaskan soal keputusannya menghapus postingan. Ia pun mengaku akan lebih berhati-hati untuk memfilter endorse yang masuk ke akun pribadinya.

Sebelumnya, anggota KPK Saut Situmorang menyentil Mulan Jameela karena postingannya di Instagram. Saut menyebut sikap Mulan yang masih menerima endorse sebagai tindakan yang kurang etis.

"Potongan (rabat) atau diskon saja direkomendasikan untuk ditolak atau dilaporkan ketika anda seorang penyelenggara negara, karena sulit dipahami bahwa pemberian itu tidak ada kaitan dengan posisi anda sebagai penyelenggara negara. Ya saran saya dilaporkan saja ke KPK," ujar Saut, Kamis (17/10).