Brilio.net - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi menikahkan putrinya Mutiara Annisa Baswedan dengan Ali Saleh Alhuraiby. Pernikahan Mutiara yang akrab disapa Tia dan Ali digelar di Putri Duyung Resort, Ancol, Jakarta Utara, Jumat (29/7) pukul 08.30 WIB.

Adik kandung Anies, Abdillah Rasyid Baswedan mengatakan prosesi akad nikah berjalan lancar dengan mengusung adat Jawa.

"Prosesi akad nikah berjalan khusyuk dan khidmat penuh dengan nilai-nilai agama dan budaya. Kedua mempelai menggunakan pakaian adat Jawa, yaitu Yogyakarta," kata Abdillah dalam keterangannya, seperti brilio.net kutip, Jumat (29/7).

Detail gaun pernikahan Mutiara Annisa Baswedan Instagram

foto: Instagram/@aniesupdate

Abdillah menyatakan bahwa sebagai wali, Anies Baswedan menikahkan secara langsung putrinya. Mutiara merupakan anak sulung Anies Baswedan dan Fery Farhati. Ia sebelumnya menjalani tradisi malam pacar. Lewat Instagram Story, Mutiara membagikan dirinya berbalut baju kurung hijau berpayet dengan rambut digerai, serta berpose dengan ketiga adik laki-lakinya.

"Sebagai perwakilan dari kedua keluarga besar, saya membagikan kabar yang membahagiakan bagi keluarga kami, yaitu pernikahan anak kami. Mutiara Annisa Baswedan dan Ali Saleh Alhuraiby. Alhamdulillah, Bapak Anies Baswedan telah menikahkan puteri sulungnya," jelas Abdillah.

Detail pakaian pengantin yang mengusung adat Jawa.

Dalam potret pernikahan, alumnus Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini mengusung adat Jawa, yaitu Yogyakarta. Mutiara tampil cantik mengenakan kebaya putih berekor yang dipenuhi brukat. Kebaya tersebut kemudian dipadukan dengan kain batik berwarna cokelat. Penampilannya itu kemudian dilengkapi dengan kalung dan sepasang anting di telinganya.

Senada dengan Mutiara, Ali juga tampak gagah mengenakan busana pengantin pria Jawa lengkap dengan kopiah berwarna abu-abu. Keduanya pun terlihat begitu kompak. Tak seperti kebanyakan pengantin yang merias wajahnya dengan tebal, Mutiara memilih riasan simpel dan natural. Rambutnya bahkan hanya ditata ke belakang dengan dihiasi sebuah bros rambut cantik.

Detail gaun pernikahan Mutiara Annisa Baswedan Instagram

foto: Instagram/@aniesupdate

Sedangkan kedua orangtua mempelai memadukan busana nasional dengan adat Jawa. Ayah dari mempelai pria dan wanita tampak kompak mengenakan busana berwarna hitam. Sedangkan kedua ibu mempelai mengenakan kebaya modern berwarna salmon dilengkapi dengan jarik prada motif truntum yang memang dalam adat Jawa untuk orang tua pengantin.