Brilio.net - Penyanyi dan pencipta lagu era 80-an, Oddie Agam meninggal dunia pada Rabu (27/10) pukul 11.00 WIB. Kabar duka itu diunggah oleh sahabatnya, Addie MS.
"Selamat jalan, sahabatku Oddie Agam," ujar Addie MS di akun Instagramnya.

Addie Agam diketahui meninggal karena penyakit ginjal yang dideritanya. Sebelumnya, Addie Agam juga sempat mengalami masa kritis dan dilarikan ke ruang ICU.

Kabar duka ini mengundang simpati para sahabat dan penyanyi lain. Seperti Rian D'Masiv yang mengunggah foto kenangan bersama Oddie Agam dengan ucapan belasungkawa. Lantaran Addie Agam menjadi salah satu penyanyi dan pencipta lagu yang dia kagumi.

Penyanyi yang memiliki nama asli Imran Madjid ini pernah menggebrak industri musik Tanah Air dengan karya-karyanya. Ia terkenal lewat lagu-lagu hitsnya, seperti Antara Anyer dan Jakarta, Surat Cinta, Bahasa CInta Logika, dan Tamu Istimewa.
Mau tahu lebih lanjut? Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (27/10), ini dia 7 fakta menarik Oddie Agam.

1. Salah satu pendiri Twilite Orchestra

Fakta Oddie Agam © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@alexfrits

Oddie Agam merupakan salah satu dari 3 pendiri Twilite Orchestra. Sebuah kelompok simfoni asal Indonesia yang didirikan pada tanggal 8 Juni 1991. Selain Oddie Agam, Indra Usmansyah Bakrie dan Addie MS juga merupakan pendiri dari kelompok orkestra ini. Twilite Orchestra juga pernah menerima penghargaan internasional melalui kolaborasi mereka dengan artis mancanegara seperti Natalie Cole, David Foster dan lain-lain.

2. Pernah menikah dengan Chintami Atmanegara

Fakta Oddie Agam © 2021 brilio.net

foto: instagram/@oddie_agam

Chintami Atnanegara adalah seorang penyanyi blasteran Jerman-Indonesia. Oddie Agam menikah dengan Chintami pada Desember 1988 dan dikaruniai seorang anak bernama Dio Alif Utama yang saat ini berusia 32 tahun.

3. Kolaborasi Diva top pada masanya.

Oddie Agam seringkali menggandeng diva dan musisi lain Tanah Air dalam kolaborasi lagu-lagu dan konser yang digelar. Seperti dengan Dewi Yull, Mujiono, Utha Likumahuwa dan Vina Panduwinata. Selain itu lagunya yang berjudul Anyer dan Jakarta juga pernah dibawakan oleh penyanyi asal Malaysia, Sheila Majid.

4. Peraih Album Triple Platinum

Pada tahun 2015 silam, Oddie Agam pernah mengerjakan almbunya bersama sejumlah musisi muda. Album yang diberi nama The Great Composers ini berhasil meraih Triple Platinum karena berhasil menembus penjualan hingga 135.000 keping. The Great Composers ia tulis bersama penulis lagu lain, James Freddy Sundah. Kemudian dinyanyikan dengan para musisi muda Indonesia seperti Fatin Shidqia Lubis dan Yovie & Nuno.

5. Sempat bergabung dengan grup DISC era 80-an.

Fakta Oddie Agam © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@stanleytulung

Addie Agam bergabung dengan grup DISC menggantikan Andiyono Arie sebagai kibordis ketika itu. Hal ini diungkapkan Stenley dengan mengungga foto kebersamaan grup mereka.

6. Konser Tunggal di Djakarta Theatre

Oddie Agam juga pernah menggelar konser yang menampilkan tembang-tembang hits dengan sejumlah musisi dan penyanyi seperti Yuni Shara dan Mulan Kwok. Konser yang digelar di XXI Lounge Djakarta Theatre pada April 2007 tersebut diberi tema 'The Best of Oddie Agam'. Konser ini pernah menggebrak dunia musik tanah air dengan tajuk 'Antara Anyer dan jakarta'.

7. Memiliki album studio dan kompilasi pribadi

Oddie Agam menciptakan 4 album studio dan 3 album kompilasi miliknya sendiri. Album Studio pertamanya lahir tahun 1984 dengan judul Bellina, disusul dengan Gadis Sentimentil pada tahun 1986 serta dua album lain pada tahun 1990 dan 2012.
Sedangkan, 3 album kompilasi pertamanya diciptakan pada tahun 1987 dengan judul Beri 1/2 Saja. Disusul dengan Album Kesempatan pada tahun 1988 dan 10 Best pada tahun 1989.