Brilio.net - Rentetan kejadian demonstrasi di beberapa titik wilayah Amerika akhir-akhir ini membuat kondisi semakin tidak kondusif. Hal ini terjadi karena masyarakat Amerika meminta keadilan atas meninggalnya seorang warga Amerika bernama George Floyd oleh sekelompok polisi. Rasisme di Amerika sendiri tergolong tinggi meski yang tampak di media hanya sebagian saja, serupa fenomena gunung es.

Kematian George Floyd sendiri merupakan salah satu puncak amarah massa atas abainya peran pemerintah dalam mencegah tindakan rasialisme. Aparat yang seharusnya menjadi pelindung sekaligus pengayom bagi masyarakat tanpa melihat warna kulit justru dinodai dengan oknum yang berlaku semena-mena terhadap masyarakatnya. Aksi solidaritas tanpa batas pun menggema di beberapa negara lain.

George Floyd meninggal karena terbunuh di tangan polisi di Minneapolis pada Senin (25/5). Meski sudah seminggu lebih, namun kerusuhan tetap terjadi di New York dan meluas hingga beberapa kota lain Amerika. Hal ini pun dikabarkan oleh aktris senior Indonesia, Sarah Azhari, yang beberapa tahun terakhir menetap di Negeri Paman Sam, tepatnta di Los Angeles.

"Terima kasih buat teman-teman yang sudah menanyakan keadaan saya dan keluarga di sini juga mendoakan kami," tulisnya dikutip brilio.net dari Instagram Story-nya @sazarita, pada Rabu (3/6).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Sarah Azhari ungkap demo George Floyd Instagram/@sazarita

foto: Instagram/@sazarita

Sarah Azhari juga turut bersimpati sekaligus bersolidaritas atas kematian George Floyd. Hal ini diketahui dari unggahannya di Instagram berupa foto yang hanya berwarna hitam dengan caption #blackouttuesday. Tagar tersebut merupakan bentuk gerakan yang dilakukan atas kematian George Floyd.

Sarah Azhari ungkap demo George Floyd Instagram/@sazarita

foto: Instagram/@sazarita

Sementara itu, menurut unggahan Instagram Story terbarunya juga menampilkan sebuah pesan pada ponsel handphone-nya yang bertuliskan 'Public Safety Alert The County of LA is oredering another curfew from 6pm tonight to 6am tomorrow for all Los Angeles County including all cities in the county. Traveling to/from work, going to vote, seekingor giving emergency care and emergency responders are axempt. More information is available at lacounty.gov/emergency'.

Sarah Azhari ungkap demo George Floyd Instagram/@sazarita

foto: Instagram/@sazarita

Di Los Angels sendiri, semenjak adanya Covid-19 diberlakukan jam malam ataupun pembatasan waktu. Bahkan untuk supermarket pun mengalami antrean. Ditambah dengan adanya berbagai aksi unjuk rasa, jam malam pun semakin diperketat. Dalam story-nya tersebut, Sarah juga memberikan tulisan, "Jam malam lagi dan lagi!".

Sarah berharap kondisi akan cepat membaik seperti sedia kala agar ia dan semua masyarakat dapat hidup damai.

(brl/lin)