Brilio.net - Meski telah sukses dan disanjung banyak penggemarnya, para seleb tetaplah seorang manusia. Mereka tidak terlepas dari masalah atau terhindar dari konflik. Bila melakukan kesalahan apalagi yang melanggar hukum, tentu mereka harus menerima konsekuensi yang sama dengan orang-orang pada umumnya.

Bukan hanya itu, para seleb ini juga perlu mempertanggungjawabkan perbuatan mereka di depan publik. Bila kebanyakan seleb Korea akan hiatus untuk waktu lama karena telah membuat kesalahan atau tersandung kasus, beberapa seleb Korea ini justru memilih pensiun atau hengkang dari industri yang telah membesarkan namanya.

Sebut saja Seungri yang memutuskan pensiun dari dunia hiburan karena skandal yang menimpanya. Masih ada lagi beberapa seleb yang juga mundur dari dunia hiburan karena skandal. Siapa sajakah mereka? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/7).

1. Seungri.

seleb pensiun karena skandal Berbagai Sumber

Loading...

foto: Instagram/@seungriseyo

Burning Sun, skandal ini sangat menyita perhatian banyak orang. Bukan hanya orang-orang yang ada di Korea saja, tapi juga di luar Korea, termasuk Indonesia. Kasus Burning Sun dan Club Arena ini rupanya menyerat nama Seungri.

Dilansir dari Koreaboo.com, Seungri dilaporkan telah membagikan video ilegal dari kamera tersembunyi kepada seleb pria di Korea. Mencuatnya kasus ini membuat Seungri akhirnya memutuskan mundur dari dunia hiburan.

Melansir dari Koreaboo.com, begini isi pernyataan lengkap tentang permohonan maaf Seungri sekaligus mundurnya dia dari dunia entertainment.

"Ini Seungri.

Di titik ini, kupikir hal terbaik adalah pensiun dari industri hiburan. Aku memutuskan mundur dari industri ini karena isu yang muncul telah menimbulkan gangguan di masyarakat yang terlalu besar. Mengenai isu yang tengah diinvestigasi, aku akan menjalani pemeriksaan dengan sungguh-sungguh dan mengungkap semua kecurigaan yang ada.

Orang berpikir bahwa aku adalah pengkhianat negara dan aku telah menerima kritik dan kebencian dari publik selama satu setengah bulan. Aku tak bisa menoleransi telah menyebabkan bahaya pada orang-orang di sekitarku agar aku bisa menyelamatkan diriku sendiri.

Aku secara tulus berterima kasih kepada penggemar di dalam maupun luar Korea yang terus memberikan cinta kepadaku selama 10 tahun terakhir dan kurasa ini adalah saatnya aku berhenti setidaknya untuk [melindungi] kehormatan YG dan Bigbang.

Sekali lagi aku minta maaf. Hingga kini, aku bersyukur atas semuanya."

2. Yang Hyun-suk.

seleb pensiun karena skandal Berbagai Sumber

foto: Koreaboo.com

Pada 2019 orang yang cukup berpengaruh di YG Entertainment, Yang Hyun-suk memutuskan mengundurkan diri dari YG Entertainment karena telah terlibat dalam beberapa skandal. Misalnya saja skandal dia memaksa orang mengubah pernyataan mereka tentang skandal B.I. Kini YG Entertainment dipegang oleh adik Hyun-suk, Yang Min-suk sebagai CEO YG Entertainment.

Melansir dari Koreaboo.com, begini isi pernyataan mundurnya Yang Hyun-suk dari YG Entertainment,

"Ini Yang Hyun Suk.

Aku benar-benar minta maaf pada kepada para penggemar yang mencintai YG dan artis agensi kami. Aku juga minta maaf dengan tulus kepada semua karyawan kami yang dengan tenang melanjutkan pekerjaannya di bawah kritikan.

Aku sudah sabar menoleransi kata-kata tentang situasi sekarang yang terlalu memalukan untuk disebutkan karena mereka dikatakan seolah-olah sebagai kebenaran. Namun, aku pikir sangat sulit sekarang. Menurutku tak akan ada lagi situasi di mana YG, artis agensi, dan penggemar mengalami kerugian karena aku.

Aku telah mengabdikan 23 tahun hidupku untuk membesarkan YG Entertainment. Mendukung musik terbesar dan artis terbesar adalah kebahagiaan terbesarku dan aku pikir itu adalah satu-satunya keterampilan yang dapat aku berikan kepada penggemar dan masyarakat.

Namun, aku berniat untuk mundur dari semua posisi dan tugas dari YG hari ini. Dengan tulus aku berharap bahwa tidak akan ada lagi kerusakan yang disebabkan oleh artis YG dan semua orang yang telah mencintai mereka karenaku.

YG saat ini memiliki banyak profesional yang lebih mampu daripadaku. Aku percaya dengan mundur, itu akan menciptakan peluang bagus bagi mereka untuk memenuhi potensi penuh mereka. Menstabilkan YG secepat mungkin adalah harapan tulusku.

Akhirnya, aku percaya bahwa kebenaran dari laporan terbaru dan gosip jahat akan diungkapkan melalui penyelidikan di masa depan. Terima kasih."

3. Choi Jong-hoon.

seleb pensiun karena skandal Berbagai Sumber

foto: Koreaboo.com

Skandal yang menimpa Choi Jong-hoon telah membuat kariernya tenggelam. Semua karena perbuatannya sendiri. Melansir Koreaboo.com, terungkap bahwa Choi Jong-hoon telah merekam video secara ilegal dan mengambil beberapa foto wanita. Dia juga membagikan video dan gambar tersebut ke grup chat selebriti.

Bukan hanya itu, terungkap juga bahwa Choi Jong-hoon akan melakukan perjalanan ke berbagai daerah di Korea Selatan, dengan anggota grup chat dan melakukan tindakan yang tidak pantas terhadap para perempuan setelah membuat mereka mabuk.

Memanasnya skandal ini membuat Choi Jong-hoon akhirnya hengkang dari dunia hiburan. Melansir dari Koreaboo.com, FNC Entertainment memberikan pernyataan terkait keluarnya Choi Jong-hoon.

"Choi Jonghoon, yang telah menimbulkan kritik karena keterlibatannya dalam skandal baru-baru ini, telah memutuskan untuk meninggalkan FTISLAND hari ini. Choi Jonghoon akan dengan setia berpartisipasi dalam penyelidikan polisi dalam minggu ini. Dia akan secara permanen meninggalkan tim dan pensiun dari industri hiburan," tulis FNC Entertainment.

4. Jimin.

seleb pensiun karena skandal Berbagai Sumber

foto: Instagram/@jiminbaby_18

Belum lama ini terjadi skandal perundungan yang dialami Mina mantan member AOA oleh Jimin yang juga mantan member AOA. Mencuatnya kabar ini setelah Mina memposting perlakuan Jimin terhadap Mina di akun sosial medianya. Jimin disebut telah menggertak Mina selama dirinya menjadi member AOA.

Munculnya isu ini membuat penilaian orang-orang menjadi jelek terhadap Jimin. Akhirnya setelah meminta maaf, Jimin pun memutuskan mundur dari dunia hiburan. Melansir dari Koreaboo.com, FNC Entertainment memberikan pernyataan:

"Halo, ini FNC Entertainment.

Pertama-tama, kami ingin meminta maaf atas artis kami Jimin dan kontroversi yang melibatkannya.

Jimin telah memutuskan untuk keluar dari AOA dan pensiun dari industri hiburan.

Kami, sebagai agen, merasa bertanggung jawab atas situasi tersebut. Kami akan bekerja lebih keras untuk memberikan manajemen yang lebih baik untuk artis kami. Sekali lagi, kami minta maaf karena membuat para penggemar khawatir."

5. Jang Mi In Ae.

seleb pensiun karena skandal Berbagai Sumber

foto: Instagram/@stark__official

Aktris Jang Mi In Ae mendapat kritik keras saat dirinya tidak menyetujui kebijakan Presiden Korea Selatan, untuk memberikan bantuan keuangan bagi keluarga berpenghasilan rendah.

Dia memberikan tanggapan dengan mengatakan bahwa Korea tidak memiliki uang sebanyak itu untuk membantu orang yang kesusahan.

"Ini sangat menjengkelkan. Korea tidak memiliki uang sebanyak itu. Anda memberikan tanah kami kepada orang lain juga, begitu? Apakah Anda benar-benar pemerintahan yang menyelamatkan warga negara? Berapa nilai 1 juta won itu? Setiap kali saya melihat berita, saya menjadi gila karena marah."

Komentar itu langsung mendapat kritik keras dari masyarakat. Mereka tidak menyukai sikap Jang Mi In Ae yang seperti itu. Meski tidak menghapus atau menarik kata-katanya, Jang Mi In Ae diketahui mundur dari dunia hiburan.

"Mengingat seluruh dunia mengalami krisis ini, mengapa orang Korea tiba-tiba mengalami kesulitan? Saya tidak mengerti mengapa mereka tiba-tiba memberikan dukungan warga dari uang pembayar pajak, padahal itu tidak akan membuat perbedaan.

Setelah ini, pajak akan naik, dan saya tidak bisa menahan rasa frustrasi saya sendiri, itulah sebabnya saya mengunggah posting itu. Saya tidak mengerti mengapa Korea melakukan ini sebelum pemilihan umum.

Saya hanya akan pergi dengan cara saya. Saya tidak tahu komentar politik bisa begitu sensitif dan seberapa besar kebencian yang saya dapatkan sebagai hasilnya. Saya sangat muak dengan ini.

Dan kepada mereka yang bertanya apakah saya menyumbang, saya melakukan sebanyak yang saya bisa. Saya telah menyumbang sebanyak yang saya bisa berikan kepada keuangan saya. Saya merasa bodoh karena mengkhawatirkan sesama warga saya. Saya tidak akan lagi aktif di Korea sebagai aktris."