Brilio.net - Beberapa tahun ke belakang, pemberitaan media selebriti Tanah Air dipenuhi dengan perceraian. Di sisi lain, muncul pula ungkapan pembatalan pernikahan di kalangan selebriti Tanah Air. Kasus pembatalan nikah di kalangan selebriti ini silih berganti muncul.

Perceraian dan pembatalan pernikahan ini memiliki proses penyelesaian yang sama. Kendati demikian, terdapat perbedaan pada hasilnya. Perceraian sendiri terkait sepasang orang yang berselisih mengakui adanya ikatan janji suci pernikahan mereka secara legal. Sementara, pembatalan nikah tidak menganggap pernikahan terjadi.

Pembatalan pernikahan ini pernah terjadi pada pernikahan beberapa pasang selebriti Tanah Air. Ada berbagai penyebab dan alasan yang melatarbelakangi janji suci selebriti ini masuk dalam proses pembatalan nikah. Berikut tiga seleb yang pernikahannya mengalami pembatalan nikah sebagaimana dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (28/9).

1. Muzdalifah dan Khairil Anwar.

 pembatalan nikah © 2017 brilio.net

Loading...

foto: kapanlagi

Majelis hakim telah mengabulkan permohonan Muzdalifah terkait pembatalan pernikahannya dengan Khairil Anwar. Mantan istri dari Nassar KDI ini mengaku lega dan bersyukur permohonannya dikabulkan oleh pihak majelis hakim.

Sebelumnya, pernikahan Khairil Anwar dan Muzdalifah ini hanya berlangsung sekitar satu bulan. Usai sidang putusan, Muzdalifah bersama sang kuasa hukum, Dedi J Syamsudin mengungkapkan pembatalan nikah dikabulkan lantaran dokumen Khairil tidak sah. Status Khairil sendiri masih suami orang lain tetapi ia mengaku telah bercerai. Disebutkan Dedi J Syamsudin bahwa Khairil telah menipu kliennya yaitu Muzdalifah.

2. Jessica Iskandar dan Ludwig Franz Willibald.

 pembatalan nikah © 2017 brilio.net

foto: kapanlagi

Jessica Iskandar melangsungkan janji suci pernikahan dengan pria asal Jerman. Pemberitaan menyebutkan bahwa Jessica Iskandar melakukan pemberkatan pada 11 Desember 2013 namun dokumen akta nikah tercatat 8 Januari 2014. Banyak kejanggalan yang terjadi pada pernikahan Jessica dan pria bernama Ludwig Franz Willibald.

Ludwig Franz mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dan menyatakan bahwa dirinya merasa tak pernah menikahi Jessica Iskandar. Pernikahan beda kewarganegaraan ini diputuskan tidak sah oleh pengadilan. Beberapa alasan yang akhirnya memutuskan pernikahan tersebut tidak sah antara lain karena ada 10 ketidaksinkronan Surat Keterangan Perkawinan (SKP).

3. Asmirandah dan Jonas Rivanno.

 pembatalan nikah © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@asmirandah89

Pernikahan pasangan seleb Asmirandah dan Jonas Rivanno ini resmi dibatalkan lewat putusan sidang pada Desember 2013 lalu. Pernikahan yang semula digelar secara Islam ini dianggap tidak sah lantaran telah dinodai dengan kenyataan bahwa salah satu pihak tetap menganut agama semula.

Diketahui pernikahan Asmirandah dan Jonas Rivanno ini tak direstui oleh orangtua karena perbedaan keyakinan. Sempat melakukan pembatalan nikah, namun pada Januari 2014 lalu, akhirnya Asmirandah mengakui bahwa ia melakukan prosesi pernikahan kembali dengan sang kekasih di luar negeri. Rumah tangga mereka berlanjut sampai saat ini.