Brilio.net - Menyoal tentang keberadaan transgender di Tanah Air memang masih menjadi sesuatu yang belum bisa diterima oleh sebagian besar masyarakat. Kata transgender sendiri masih terdengar tabu di Indonesia. Banyak perdebatan di tengah publik, kebanyakan menganggap hal ini menyalahi kodrat serta rencana dari Sang Maha Pencipta.

Meski begitu saat ini sudah jadi hal biasa seorang pria bertransformasi jadi wanita atau sebaliknya. Seperti beberapa selebriti asal Korea Selatan nih. Nah, brilio.net sudah mengumpulkannya buat kalian nih, 5 seleb Negeri Ginseng yang pernah melakukan operasi transgender. Siapa aja? Yuk simak di bawah ini!

1. Harisu

korea transgender © 2017 brilio.net

Harisu bisa dibilang merupakan selebriti transgender pertama yang sukses di dunia hiburan Korea Selatan. Ia terlahir 17 Februari 1975 dengan nama Lee Kyung-yeop dan kemudian berubah menjadi Lee Kyung-eun dan menggunakan nama Harisu untuk nama panggungnya. Ia memutuskan untuk menjalani operasi perubahan kelamin pada 1995.

Loading...

Ia adalah orang kedua di Korea yang memutuskan untuk berubah gender secara legal. Meski sudah debut dari tahun 1991 saat ia masih tampil sebagai pria, aktris berusia 42 tahun ini baru populer pada tahun 2001 saat ia membintangi iklan kosmetik, hingga merambah ke musik dan dunia akting. Saat ini ia pun juga sudah berbahagia bersama sang suami yang menikahinya pada 19 Mei 2007 silam.

2. Sin Ae

korea transgender © 2017 brilio.net

Sin Ae merupakan salah satu anggota dari grup transgender pertama di Korea Selatan, Lady. Adanya girlband ini terinspirasi dari kemunculan Harisu. Sin Ae sendiri sebelumnya pernah tampil dalam iklan-iklan dan juga video klip dari musisi Cho PD. Debut dengan album self-titled pada 2005, Lady resmi bubar pada awal tahun 2007.

3. Lee Si-yeon

korea transgender © 2017 brilio.net

Debut sebagai seorang model pria dengan nama lahir Dae-hak. Ia lebih dikenal dengan penampilannya yang feminin dan sering mengenakan pakaian wanita di atas panggung catwalk. Akhirnya Lee mengejar karier sebagai aktor dan membintangi beberapa film seperti My Boss, My Hero (2001) dan Sex is Zero (2002).

Sebelumnya Si-yeon sendiri mengaku kalau ia memiliki keraguan akan seksualitasnya sejak sekolah menengah. Membuat ia akhirnya memutuskan untuk mengadopsi nama Si-yeon dan menjalani operasi perubahan gender pada tahun 2007 silam.

4. Jang Chae-won

korea transgender © 2017 brilio.net

Ia memiliki nama asli Jeong-hwan dan menjadi perdebatan di tengah publik Korsel pada tahun 2007 pada saat ia tampil dalam acara 'Game for Truth' sebagai seorang wanita yang menjalani operasi transgender. Ia mendapat sebutan 'Harisu Kedua' karena ia adalah selebriti transgender yang terkenal setelah ia melakukan operasi. Namun sayangnya, ia melakukan bunuh diri pada usia ke-26 pada Oktober 2008 karena stress berat.

5. Choi Han-bit

korea transgender © 2017 brilio.net

Sebelumnya, dia lahir sebagai pria bernama Choi Han Jin dan kemudian melakukan operasi kelamin pada tahun 2006 silam kemudian mengganti namanya. Dilansir dari Allkpop, Minggu (23/4), Han-bit sempat mengikuti kontes model ternama Korea, Korea Next Top Model, namun harus gagal di tengah jalan.

Kini, ia resmi debut sebagai member girlband 'Mercury' bersama dua teman sekelas ketika kuliah jurusan tari di Universitas Seni Korea yaitu Hyena dan Sehee.