Brilio.net - Kehidupan artis selama ini selalu diidentikkan dengan kemewahan. Lihat saja akun Instagram para artis sekarang penuh dengan barang mahal, mobil mewah hingga jalan-jalan keluar negeri setiap bulannya. Hal itu tentu saja banyak membuat orang iri dan pada akhirnya bercita-cita jadi artis semua. Kamu juga nggak?

Namun tahukah kamu, tidak semua artis bisa bertahan hingga masa tuanya? Pasti ada saatnya era kejayaan mereka berakhir dan digantikan oleh artis-artis pendatang baru.

BACA JUGA NANTI: Satu tahun hengkang dari NOAH, ini aktivitas Reza sang drummer sekarang

Nah, jika dari muda tidak menabung atau membangun bisnis sampingan, bisa jadi kehidupan artis itu akan merana di masa tuanya.

Di Indonesia sendiri ada beberapa artis yang harus hidup kesulitan di masa tuanya hingga ajal menjemput. Siapa saja mereka? Simak ulasannya di bawah ini seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (18/5):


1. Pak Tile.

Pak Tile merupakan pemeran Engkong dalam sinetron Si Doel Anak Sekolah. Di masa tuanya, Pak Tile harus tinggal di sebuah rumah yang tak layak di pinggir sungai. Dia juga harus menghidupi satu istri dan delapan anaknya. Pada akhirnya Pak Tile harus mengembuskan napas terakhir pada tahun 1998 karena penyakit kronis yang terus menggerogotinya.



2. Laila Sari.

Kamu pasti penasaran jika melihat sosok Laila. Di usianya yang sudah mencapai 80 tahun, nenek yang satu ini masih enerjik di layar kaca. Hal itu dilakukannya untuk bertahan dari kesulitan yang menimpanya di masa tua.

Dulu Laila termasuk orang yang cukup berada, namun hartanya harus ludes setelah suami dan ibunya sakit dan meninggal dunia. Sejak saat itu dia harus tinggal di rumah petak di tengah perkampungan Jakarta seorang diri.



3. Cholik Syahmari.

Cholik merupakan pelawak yang bergabung bersama grup Lawak Pelita. Cholik dulu hidup berkecukupan saat masih menjadi terkenal. Namun hartanya harus ludes saat karirnya meredup dan terkena penyakit liver.

Uangnya habis untuk biaya pengobatan dan dia harus tinggal di rumah yang tak layak huni. Untuk makan saja harus meminta kepada tetangga. Namun pada akhirnya Cholik mengembuskan napas terakhirnya di RSCM.



Tiga artis legendaris berikutnya adalah sosok idola generasi 90an.. Kamu pasti tahu. Tapi nasibnya juga tak mujur hingga masa tuanya.. KLIK NEXT

2 dari 2 halaman




4. Ken Wiro Sableng.

Kamu yang lahir di era 90an pasti tahu dong, dengan sinetron Wiro Sableng? Ya, pemeran utama Ken begitu terkenal dan mengumpulkan pundi-pundi rupiah hingga miliaran dari satu sinetron itu saja. Uangnya sendiri mampu dibelikan rumah dan mobil mewah.

Namun semuanya hilang begitu saja setelah Ken terjerumus narkoba. Hartanya langsung ludes, rumah dan mobilnya harus dijual. Akhirnya Ken memilih keluar dari dunia hiburan dan menyepi di kawasan hutan di Bogor. Di sana dia menggantungkan hidupnya dari menanam sayuran.



5. Bambang Triyono 'Kentung'.

Sinetron Tuyul dan Mbak Yul memang begitu sukses dan melambungkan beberapa nama. Termasuk Bambang Triyono yang memerankan sosok Jin gendut bernama Kentung. Hartanya sendiri naik drastis mengingat kala itu sinetron Tuyul dan Mbak Yul tayang stripping setiap hari.

Diakuinya, setiap hari dia bisa mengantongi Rp 5 juta. Namun entah bagaimana gaya hidupnya, tiba-tiba saja Bambang ditemukan tinggal sendirian merana di sebuah kos-kosan di Jogjakarta. Kondisi kesehatannya juga memprihatinkan karena diserang penyakit stroke. Pada akhirnya Bambang meninggal dunia dalam keadaan tanpa sanak saudara.



6. M Amin 'Om Jin'.

Masih dari sinetron era tahun 90an, Jin dan Jun juga melambungkan nama M Amin yang kala itu berperan sebagai Om Jin. Dari sinetron stripping itulah Amin mengumpulkan banyak pundi-pundi uang. Namun lama tak terdengar kabarnya, ternyata Amin sudah meninggal dari tahun 2013.

Menurut penuturan tetangganya, Amin meninggal dalam keadaan tragis dimana kesehatannya mulai menurun dan hidup serba pas-pasan di sebuah rumah petak. Tidak diketahui dimana kekayaannya yang dulu, namun di akhir hidupnya untuk makan saja Amin harus menggantungkan hidupnya pada keluarga.