Brilio.net - Nama Oscar Lawalata sempat menjadi sorotan usai mengunggah penampilannya mengenakan baju renang wanita. Desainer sekaligus kakak dari aktor Mario Lawalata tersebut pun akhirnya membuat pengakuan bahwa ia merupakan seorang transpuan sejak pertengahan 2020.

Hal tersebut diungkapkannya melalui kanal YouTube The Lawalatas yang bertajuk Merdeka Diri. Di dalam podcast tersebut, Oscar mengaku sempat merasa kesulitan dalam mengambil keputusan. Namun, berkat dukungan keluarga ia akhirnya berani mengambil sebuah keputusan besar dalam hidupnya.

Oscar pun mengubah namanya menjadi Asha Smara Darra. Wanita 45 tahun tersebut juga mengaku telah mengubah jenis kelamin melalui serangkaian operasi di luar negeri dengan proses pemulihan selama kurang lebih satu tahun.

Selain itu, Oscar yang kini akrab disapa Asha juga membeberkan jika semua dokumen penting miliknya telah diubah menjadi nama barunya melalui pengadilan.

"Semua dokumen sudah sesuai dengan nama saya dan itu resmi. Saya datang ke persidangan pengadilan di Indonesia dan memang prosedurnya begitu. Jadi sebaiknya kalau sudah mengganti kelamin, semuanya kita laporkan juga karena secara hukum Indonesia itu akan diganti sesuai dengan kelamin kita," ungkapnya di kanal YouTube Kick Andy yang dikutip brilio.net, Jumat (14/7).

Sebelum resmi mengganti statusnya menjadi seorang perempuan, rupanya Oscar Lawalata dulunya pernah aktif sebagai seorang model. Lantas seperti apa penampilan lawasnya? Nah, daripada penasaran yuk intip 7 potretnya yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (14/7).