Brilio.net - Perancang busana Tanah Air, Oscar Lawalata kembali menjadi sorotan. Hal ini lantaran keputusannya untuk menjadi seorang wanita dan mengubah namanya. Keputusan Oscar tentu tak hanya membuat publik terkejut, keluarga besarnya termasuk sang adik Mario Lawalata takjub dengan keputusan yang diambil oleh desainer tersebut.

Sebelumnya, Oscar memang kerap mengunggah potret feminin dirinya di Instagram, namun tak ada yang mengira bahwa dirinya ingin menjadi wanita seutuhnya. Keputusan Oscar disampaikan langsung oleh sang ibu, Reggy Lawalata melalui channel YouTube The Lawalatas. Wanita berusia 60 tahun itu mengatakan bahwa anaknya memilih untuk menjadi wanita.

Lalu bagaimana perjalanan Oscar Lawalata untuk memutuskan menjadi seorang wanita dan merubah namanya? Berikut brilio.net lansir dari berbagai sumber pada Rabu (2/9), berikut fakta perubahan nama Oscar Lawalata setelah pilih jadi wanita. 

1. Sempat ditentang sang ibu.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Fakta nama Oscar © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@oscarlawalata

Reggy Lawalata sebagai ibu dari Oscar Lawalata mengaku tak pernah mengekang putranya untuk memilih jalannya sendiri. Sebagai ibu, Reggy tetap mendukung keputusan sang anak. Meskipun pada awalnya sempat menentang keputusan sang anak, Reggy akhirnya memberi dukungan pada Oscar.

"Pilihan Oscar apa pun itu, saya support karena bagaimanapun kamu adalah anak saya. Apapun kamu, i love you so much, so you can do what you want," kata Reggy.

"Whatever what you want, whatever, dan saya tidak peduli sama semua orang," sambungnya.

2. Merasa feminin sejak umur 17 tahun.

Fakta nama Oscar © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@oscarlawalata

Keputusan Oscar tersebut dilatarbelakangi oleh perasaan yang bergejolak di dalam dirinya. Dalam video yang diunggah oleh Oscar, dirinya menceritakan bahwa ia merasa dirinya lebih feminin ketika berusia 17 tahun.

"Dari saya usia 17 tahun, dari remajalah sampai saya umur 35 tahun itu saya hanya berpikir, ya udah, saya unik. And i feel i'm more woman in my heart," jelas Oscar.

3. Mempelajari dunia transgender.

Fakta nama Oscar © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@oscarlawalata

Karena merasa lebih feminin, Oscar memberanikan diri untuk mempelajari dunia transgender sejak lima tahun terakhir. Dirinya mempelajari perbedaan antara transgender, gay, lesbian dan waria. Dari proses belajar dan mencari jati diri tersebut, Oscar akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang transgender.

4. Memutuskan menjadi seorang wanita.

Fakta nama Oscar © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@oscarlawalata

Oscar memutuskan untuk menjadi seorang transgender. Dirinya yang terlahir sebagai seorang pria, akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang wanita baru-baru ini.

Selama ini Oscar Lawalata tidak pernah bercerita tentang kehidupannya kepada sang ibu. Meski begitu, sebagai ibu, Reggy Lawalata yakin perjalanan hidup anaknya penuh dengan air mata.

"Saya enggak tahu, cuma Oscar aja enggak pernah cerita. Tapi saya yakin dia penuh dengan air mata," kata Reggy Lawalata.

5. Mengganti nama Oscar jadi Asha.

Fakta nama Oscar © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@oscarlawalata

Setelah memutuskan untuk menjadi seorang wanita, Oscar kemudian mengumumkan identitas barunya melalui YouTube The Lawalatas. Oscar memiliki nama baru yang ia pilih sendiri, yaitu Asha Smara Darra.

"Nama baru saya Asha, Asha Smara Darra. Asha itu artinya hope (harapan), Smara itu artinya cinta, Darra itu artinya pohon yang kuat," jelas Oscar.

Dengan penjelasannya tersebut, Oscar mengaku akan lebih senang jika orang-orang memanggilnya dengan nama Asha. Namun, ia juga mengaku tidak marah jika orang-orang sudah terbiasa memanggilnya dengan nama Oscar.

"Kalau orang manggil saya Asha, saya senang, tapi mereka terlanjur mengenal saya Oscar, its ok. In the end kan sayanya enggak berubah. Itu cuma nama gitu," katanya.

(brl/vin)