Brilio.net - Oscar Lawalata telah memutuskan untuk menjalani kehidupannya sebagai seorang wanita. Hal ini diungkapkannya melalui kanal YouTube-nya The Lawalatas. Kini, keputusannya tersebut didukung penuh oleh keluarganya.

Kakak dari Mario Lawalata ini mengaku merasakan perubahan ini sedari kecil. Setelah mengenali dan mempelajari dirinya sendiri selama bertahun-tahun, keyakinannya pun semakin kuat. Oscar kemudian yakin mengubah gendernya.

"Saya memilih untuk menjadi wanita. Menjadi wanita seutuhnya. Saya tahu dari kecil saya transgender. Setelah saya mempelajari kurang lebih 5 tahun lalu siapa saya, dari situ saya tahu saya transgender," tutur Oscar seperti dikutip dari kanal YouTube pribadinya.

Usai memilih identitas sebagai wanita, kini Oscar Lawalata sudah mempunyai nama baru. Dalam video bertajuk 'THE UNTOLD STORY OSCAR LAWALATA - Panggil Aku ASHA', artis 43 tahun ini mengungkapkan mengenai nama baru yang disandangnya.

Berikut pengakuan Oscar Lawalata dengan nama barunya, seperti dirangkum brilio.net dari kanal YouTube The Lawalatas, Selasa (1/9).

Loading...

1. Nama baru Asha.

nama baru Oscar Lawalata YouTube

foto: YouTube/The Lawalatas

Artis yang juga berprofesi sebagai perancang busana itu menuturkan sudah memiliki nama baru, yakni Asha Smara Darra. Saat ini, orang-orang bisa memanggilnya dengan sebutan Asha.

"Nama saya Asha. Asha Smara Darra," tutur Oscar.

2. Punya arti mendalam.

nama baru Oscar Lawalata YouTube

foto: YouTube/The Lawalatas

Pemilihan nama itu tentu tidak sembarangan bagi Oscar Lawalata. Pasalnya, nama tersebut mempunyai makna mendalam dan sebuah harapan.

"Asha itu artinya hope (harapan). Smara itu artinya cinta dan Darra itu artinya pohon yang kuat," ungkap Oscar.

3. Tak mempermasalahkan dipanggil Oscar.

nama baru Oscar Lawalata YouTube

foto: YouTube/The Lawalatas

Meski nama barunya Asha, Oscar memilih tidak mempermasalahkan jika masih banyak orang memanggilnya dengan sapaan Oscar. Pasalnya nama Oscar sudah begitu familiar bagi sebagian orang.

"Kalau ada orang yang manggil saya Asha saya senang, tapi mereka sudah terlanjur mengenal saya dengan nama Oscar. it's okay, karena in the end kan sayanya nggak berubah, it's only a name gitu," jelasnya.

4. Tak ingin ada yang ditutupi.

nama baru Oscar Lawalata YouTube

foto: YouTube/The Lawalatas

Setelah mempelajari dan memahami diri sendiri lebih jauh, Oscar mengakui transgender di usia 40 tahun. Baginya, tak ada perlu ditutup-tutupi mengenai perubahannya kini.

"Bahwa saya juga dalam hidup ini sebaiknya tidak perlu ada yang ditutup-tutupi, apalagi saya juga termasuk public figure," kata Oscar.

"Nah, itu yang mungkin saya mau berbagi juga di usia saya yang sudah umur ini. Dengan berbagi ya setidaknya kita bisa memberikan sumbangsih dalam pikiran, pengalaman, perjalanan hidup terutama sesuatu yang dilihat tabu ini," jelasnya bijak.