Aktor Tanah Air turut merasa kehilangan Yayu Unru, salah seorang seniman yang turut mempopulerkan pantomim di Indonesia. Ringgo Agus Rahman, Dwi Sasono, hingga Kevin Ardillova mengungkapkan rasa duka cita mereka melalui media sosial.

Selamat jalan Mas Yayu, terima kasih buat semuanya Mas, kesan yang ditinggalkan semasa hidup adalah kesan yang luar biasa… Akan selalu ingat sapaan hangat Mas Yayu ketika memanggil saya dengan penuh senyuman, ‘Kang…’,” tulis Ringgo Agus Rahman di Instagram.

Dwi Sasono juga ikut berduka atas meninggalnya sang aktor. Ia mengucap duka lewat akun Instagramnya.

Perfilman Tanah Air kita telah kehilangan satu orang guru berhati murni. Yang telah menjadi cahaya bagi orang-orang di sekitarnya. Memberikan segalanya untuk karya yang dipersembahkannya untuk kita semua. Karya-karyamu akan terus dikenang. Selamat jalan Mas Yayu,” tulis Dwi Sasono.

Yayu Unru merupakan aktor peran serta pelatih akting dari Indonesia yang sudah berkecimpung di dunia seni peran sejak tahun 1985. Saat itu, Yayu membintangi film pertamanya berjudul “Demam Tari” yang disutradarai oleh Nawi Ismail, sutradara di balik deretan film mendiang Benyamin S.

Hingga kini, Yayu telah membintangi sejumlah film Indonesia, antara lain “Tabula Rasa” (2014), “Gara-Gara Warisan” (2022), “The Last of Us” (2023), dan lainnya. Film terakhir merupakan serial dari HBO.

Seperti diketahui, Yayu Unru debut pada tahun 1985 lewat film Demam Tari. Setelah itu, ia memilih untuk vakum lama dari dunia layar lebar. Hingga akhirnya, Yayu Unru kembali menjadi aktor dalam film Mengaku Rasul rilisan StarVision yang rilis pada 2008.

Setelah itu, ia sering membintangi film. Tak hanya film bioskop yang melibatkan akting Yayu Unru. Suami Nita Unru ini juga kerap kali tampil di serial televisi maupun web series. Bahkan, ada yang digarap oleh sineas Hollywood.