Brilio.net - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mewacanakan sistem full day school untuk anak SD dan SMP. Alasannya agar sang anak tidak sendiri ketika orangtuanya masih bekerja. Sontak saja pernyataan tersebut mengundang beragam reaksi dari masyarakat, baik dari kalangan pendidik maupun orangtua. Tak cuma itu, ternyata gagasan Mendikbud itu juga membuat artis cantik Sophia Latjuba terpantik.

"Sedih rasanya kalau ada orang yang bertugas membenahi pendidikan justru menilai pendidikan itu akan menjadi lebih baik kalau ditingkatkan jamnya, bukan kualitasnya. Apakah kita mau Indonesia penuh dengan anak2 yang tidak mempunyai kesempatan belajar di waktu senggangnya dimana anak itu bisa explore dunia sekitarnya dengan sendirinya? Apakah kita mau Indonesia penuh dengan anak2 dan guru2 yang stress dan kelelahan? Dear Mr. President, with all due respect, don't let political agendas interfere with your efforts to make our education system work for the sake of this country's future," tulis dia di akun Instagramnya dikutip brilio.net, Selasa (9/8).

petisi fullday © 2016 brilio.net

foto: instagram:/@sophia_latjuba88

Tak berselang lama ia kembali mengunggah sebuah foto yang berisi ajakan untuk menyebarkan 'Petisi Tolak Pendidikan Full day/sehari penuh di Indonesia'. Artis Rosa pun turut merepost postingan Sophia di akun instagramnya, @itsrossa910.

petisi fullday © 2016 brilio.net

foto: instagram:/@sophia_latjuba88

"Lalu kapan waktu bersama orang tua dan keluarga? Mengenal lingkungan dan shalat bersama ibu bapak? Pendidikan bukan hanya formal, kasih sayang, cinta yang tulus dan rasa saling memilikilah yang membentuk individu. Kualitas pendidikan, bukan jam pelajaran seharian di sekolah," komentar Rosa.

Kalau menurutmu gimana?