Brilio.net - Memang sudah menjadi selebriti atau idola untuk selalu tampak sempurna di hadapan publik. Namun sesempurna apa pun penampakan mereka di luar, nampaknya kita tidak akan pernah menampik bahwa mereka adalah manusia juga.

Siapa yang bakal menyangka kalau mereka ternyata memiliki riwayat menderita penyakit mental dan psikologis yang cukup serius. Wah, siapa aja ya?

Berikut deretan artis tersebut, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (8/4). Meski pernah menderita penyakit mental, mereka tetap membuktikan bisa sukses berkarier sampai sekarang.

1. P.O. 'Block B' didiagnosa stress yang bisa mengarah ke skizofrenia.

idol kpop penyakit mental © 2017 brilio.net

Loading...

foto: pinterest

Hal ini diketahui setelah P.O. yang mengalami stress berat karena menerima komentar negatif dari netizen setelah skandal yang menimpa Block B di tahun 2012 lalu.

P.O. yang dilarikan ke rumah sakit didiagnosa mengalami stres berat yang mengarah ke skizofrenia. Ia pun segera mendapatkan perawatan intensif saat itu juga.

Skizofrenia sendiri merupakan gangguan mental yang ditandai dengan gangguan proses berpikir dan tanggapan emosi yang lemah. Keadaan ini biasanya muncul dalam bentuk halusinasi, paranoid, keyakinan atau pikiran tidak sesuai dengan dunia nyata.

2. Nam Tae-hyun didiagonosa anxiety disorder.

idol kpop penyakit mental © 2017 brilio.net

foto: koreaboo

Ketika masih tergabung dalam boyband WINNER, Nam Tae-hyun sempat harus vakum dan tidak melanjutkan aktivitasnya dikarenakan kondisi mental idol yang sudah keluar dari WINNER ini.

Dilansir dari Allkpop, YG Entertainment memberikan pernyataan bahwa Nam Taehyun telah mengalami kesehatan mental sejak masa trainee, namun masalah tersebut jadi perhatian dan semakin memburuk dalam beberapa bulan terakhir.

Dengan absennya Nam Tae-hyun, agensi juga menyebutkan bahwa comeback WINNER juga akan ditunda saat itu. Kini setelah ia keluar dari WINNER, ia pun bisa bebas dari segala aktivitas dan bisa melanjutkan masa penyembuhannya.

3. G.O. 'MBLAQ' menderita narkolepsi.

idol kpop penyakit mental © 2017 brilio.net

foto: pinterest.com

Hal ini diungkapkan sendiri oleh G.O dalam acara Beatles Code di mana sang pembawa acara, Shin Dong-yup menanyakan tentang G.O yang menderita narkolepsi. G.O pun mengiyakan hal tersebut.

Narkolepsi adalah gangguan tidur yang gejala awalnya ditandai dengan rasa kantuk yang tidak tertahankan di siang hari, lalu pada umumnya berlanjut dengan serangan tidur atau tidur secara tiba-tiba tanpa mengenal waktu dan tempat.

Dilansir dari Kpopstarz, G.O menambahkan bahwa ia bahkan bisa tertidur ketika sedang perform.

"Ketika aku sedang parah-parahnya, kadang aku tertidur ketika bernyanyi. Dan beberapa detik kemudian aku akan terbangun dan melanjutkan nyanyianku. Itu hanya masa laluku, sekarang aku sudah baik-baik saja kok," ujar G.O.

4. Henry 'Super Junior' menderita ADHD.

idol kpop penyakit mental © 2017 brilio.net

foto: kpopmagazine

Dalam sebuah variety show, Real Men, Henry menyebutkan bagaimana pada masa kanak-kanaknya ia berjuang untuk keluar dari ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder, yaitu sebuah gangguan pada perkembangan otak yang menyebabkan penderitanya menjadi hiperaktif, impulsif, serta susah memusatkan perhatian.

Dikutip dari Soompi.com, Henry menyebutkan bagaimana ia mengalami ADHD. "Aku memiliki riwayat ADHD, di mana aku nggak bisa diam, hingga SMP," ungkapnya.

5. Lee Joon menderita bipolar disorder.

idol kpop penyakit mental © 2017 brilio.net

foto: stuffpoint

Dilansir dari KDramastarz, mantan personel MBLAQ ini menderita insomnia atau kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Menurutnya, insomnia tersebut membuatnya memiliki gangguan perubahan suasana hati, atau bipolar disorder.

"Aku sama sekali tidak memiliki waktu istirahat saat itu, hanya 40 menit dalam 24 jam. Ketika aku masih menderita bipolar dulu tidak ada yang mengetahui tentang hal ini," pungkasnya.

6. JinE 'Oh My Girl' menderita anoreksia.

idol kpop penyakit mental © 2017 brilio.net

foto: ytimg

Memiliki tubuh ideal menjadi mimpi bagi setiap orang, namun apabila untuk mendapatkan tubuh bagus harus melalui gangguan makan tentunya ini adalah sebuah hal yang menyimpang.

Termasuk dengan yang terjadi pada anggota 'Oh My Girl', JinE yang harus menghentikan semua aktivitas keartisannya karena mengalami anoreksia pada Agustus 2016 lalu.

Ia pun saat ini masih menjalani perawatan untuk menyembuhkan penyakit mentalnya tersebut.