Brilio.net - Rektor Universitas Moestopo, Profesor Doktor Paiman Raharjo mengungkapkan status mahasiswa Mayang di universitas tersebut. Paiman menjelaskan Mayang tidak lolos ujian Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) yang diselenggarakan Sabtu (2/7) lalu. Adik Vanessa Angel ini disebutkan belum memenuhi standar nilai untuk masuk dalam FKG di Universitas Moestopo.

Paiman Raharjo pun menjelaskan posisi pemilik nama lengkap Mayang Lucyana Fitri sebagai calon mahasiswa. Sebelumnya, Mayang sempat menghebohkan jagat media sosial dengan pernyataannya telah diterima di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Moestopo. Tak hanya itu, ia mengklaim dirinya telah mendapatkan beasiswa untuk berkuliah di universitas tersebut.

"Mbak Mayang ini dari SMA MIPA ya, kemudian juga telah mengikuti tes pada 2 Juli 2022. Dari panitia juga telah memproses tingkat kelulusan. Artinya memang betul Mayang sebagai calon (mahasiswa)," ungkap Paiman Raharjo, dikutip brilio.net dari kanal YouTube Thofu an pada Rabu (6/7).

Paiman melanjutkan, proses seleksi FKG sangat ketat. Standar nilai juga telah ditentukan.

"Dari hasil tes itu, karena dalam proses pendidikan kedokteran gigi itu sangat ketat. Bahwa standar nilai yang ditentukan pun juga mengikuti aturan yang sudah ada. Jadi dari proses seleksi, Mayang memang belum memenuhi nilai standar yang ditentukan oleh Fakultas Kedokteran Gigi," jelasnya lebih lanjut.

Meski Mayang tidak memenuhi standar nilai Fakultas Kedokteran Gigi, ia masih diterima menjadi mahasiswa universitas tersebut. Pasalnya, nilai Mayang memungkinkan dirinya untuk menjadi mahasiswa lain, yaitu Ilmu Komunikasi, Ilmu Sosial dan Politik, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

"Walaupun tidak memenuhi standar nilai fakultas Kedokteran Gigi, Mayang bisa diterima di fakultas lain, yaitu Ilmu Komunikasi, Ilmu Sosial dan Politik, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Sehingga mbak mayang tinggal memilih mau mengambil fakultas Komunikasi, atau Sospol, dan fakultas Ekonomi dan Bisnis," imbuh Paiman.