Brilio.net - Terseretnya nama B.I iKON dalam skandal narkoba cukup menjadi kabar menghebohkan di kalangan penggemar K-Pop. Pemilik nama lengkap Kim Hanbin ini menjadi perbincangan setelah media Korea, Dispatch merilis bukti percakakapan antara B.I iKON dan pengedar perempuan berinisial A pada Rabu (12/6).

Dalam percakapan yang terjadi pada April 2016 lalu tersebut, mantan leader iKON tersebut diduga membeli obat terlarang jenis LSD (Lysergic acid diethylamide) kepada pengedar berinisial A tersebut. Meskipun tak terbukti positif menggunakan obat-obatan terlarang, namun B.I tak membantah jika dirinya memang pernah berniat menggunakan obat-obatan terlarang tersebut saat mengalami masa sulit.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh B.I melalui akun Instagram pribadinya. Bersamaan dengan klarifikasinya tersebut, B.I juga menyampaikan keputusan yang menghebohkan penggemar. Terhitung sejak kabar menghebohkan tersebut menguak, idol berusia 23 tahun ini memutuskan hengkang dari iKON dan YG Entertainment.

idol kpop narkoba  © 2019 brilio.net-foto: Instagram/@shxxbi131

"Memang benar bahwa saya ingin mengandalkan sesuatu yang seharusnya tidak saya minati karena mengalami masa yang sulit dan menyakitkan. Namun, saya terlalu takut dan takut melakukannya. Meski begitu, saya sangat malu dan meminta maaf kepada penggemar yang sangat kecewa dan terluka karena kata-kata dan tindakan saya yang salah. Saya bermaksud merefleksikan diri dengan rendah hati atas kesalahan saya dan meninggalkan tim. Sekali lagi, saya menundukkan kepala dan dengan tulus meminta maaf kepada penggemar dan anggota. Saya minta maaf," tulis B.I seperti dikutip brilio.net, Kamis (13/6).

Loading...

Keputusan B.I untuk hengkang dari iKON pun banyak disayangkan oleh penggemar. B.I bukan idol K-Pop pertama yang tersandung skandal narkoba, beberapa nama idol ini sebelumnya juga pernah terjerat skandal barang-barang haram. Skandal tersebut pun berimbas pada karier mereka.

Siapa saja mereka? Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (13/6), berikut delapan idol K-Pop yang pernah terseret skandal narkoba.

1. Yoochun JYJ.

idol kpop narkoba  © 2019 brilio.net-foto: Allkpop

Pada April 2019 lalu, para penggemar K-Pop dihebohkan dengan terseretnya nama Park Yoochun dalam pusaran narkoba. Aktor sekaligus member JYJ ini terbukti menggunakan obat-obatan terlarang. Meskipun sempat membantah, Yoochun akhirnya mengakui jika dirinya memang menggunakan narkoba. Tak lama dari pengakuannya tersebut, Park Yoochun pun resmi ditahan oleh unit narkoba dari kepolisian Gyeonggi Nambu.

2. TOP Bigbang.

idol kpop narkoba  © 2019 brilio.net-foto: Instagram/@top.bigbang.vip

Tahun 2017 lalu, TOP Bigbang menghebohkan jagat dunia K-Pop usai dirinya terbukti positif menggunakan ganja. Tak sendirian, rapper Bigbang ini menikmati ganja bersama seorang perempuan yang diketahui merupakan mantan trainee JellyFish Entertainment.

Terbukti menggunakan ganja, idol K-Pop berusia 29 tahun ini divonis dengan hukuman dua tahun percobaan. Merasa menyesal, TOP Bigbang pun menyampaikan permintaan maafnya kepada penggemar dan mengaku menyesal atas perbuatannya tersebut.

3. Iron.

idol kpop narkoba  © 2019 brilio.net-foto: Allkpop

Sama seperti Top Bigbang, rapper jebolan acara Show Me The Money 3, Iron juga pernah tersandung skandal narkoba setelah dirinya masuk dalam deretan tersangka kasus ganja pada 2016 lalu. Nama Iron masuk dan daftar sembilan orang dari industri musik Korea Selatan yang terbukti menggunakan ganja. Akibat kasus tersebut, semua penampilan Iron dalam acara Show Me The Money 5 dihapus oleh Mnet.

4. Kidah eks TOPP DOGG.

idol kpop narkoba  © 2019 brilio.net-foto: Twitter/@peach_kidah

Kasus penggunaan ganja yang menyandung sembilan orang dari industri musik Korea Selatan nggak hanya melibatkan Iron, mantan member TOPP DOGG bernama Kidah juga turut terlibat. Keterlibatan Kidah dalam kasus tersebut pun membuat dirinya divonis 6 bulan penjara dengan 1 tahun masa percobaan.

5. Park Bom.

idol kpop narkoba  © 2019 brilio.net-foto: Instagram/@newharoobompark

Pada 2010 lalu, dunia K-Pop juga dihebohkan dengan terseretnya nama Park Bom pada skandal narkoba. Mantan member 2NE1 ini diperiksa polisi karena dugaan penyelundupan 80 tablet amfetamin. Anfetamin adalah obat yang penggunaannya harus di bawah pengawasan dan izin dokter. Di Korea Selatan sendiri, obat jenis masuk dalam kategori ilegal.

Ramai kasus tersebut, pihak Park Bom mengungkapkan jika obat tersebut berasal dari dokter di Amerika Serikat yang menanganinya. Akibat skandal tersebut, Park Bom harus mundur dari acara yang ia bintangi. Ia pun sempat hiatus dari industri hiburan selama bertahun-tahun.

6. Kang Ho eks Co-Ed School.

idol kpop narkoba  © 2019 brilio.net-foto: Allkpop

Sempat mencuri perhatian saat debutnya bersama Co-Ed School, namun sayang popularitas yang diterima Kang Ho nggak bertahan lama. Masa kejayaannya tersebut harus pudar karena skandal kekerasan, pemerkosaan dan narkoba pada 2016 lalu.

Pemilik nama asli Cha Hoo Hyuk ini terbukti menggunakan ganja. Di tahun yang sama, ia juga tertangkap berusaha menyelundupkan ketamin ke Kanada. Nggak hanya sekali, Kang Ho juga kembali tertangkap atas kasus yang sama.

7. G-Dragon Bigbang.

idol kpop narkoba  © 2019 brilio.net-foto: Instagram/@xxxibgdrgn

TOP bukan satu-satunya member Bigbang yang terjerat skandal narkoba, sang leader G-Dragon juga pernah terserat kasus yang sama. Pada 2011, G-Dragon positif menggunakan ganja, namun jaksa memutuskan untuk memperkarakannya di pengadilan.

G-Dragon mengaku bahwa ia tidak sengaja dan tidak tahu bahwa lintingan yang diberikan kepadanya adalah ganja. Tak hanya itu, idol yang akrab disapa GD ini juga pernah menghebohkan publik lewat unggahannya di Instagram. Saat itu GD mengunggah gambar hati dari bubuk putih dan bertuliskan molly (nama lain bubuk ekstasi). Sadar unggahannya menuai kontroversi, GD pun langsung menghapus postingan tersebut.

8. PSY.

idol kpop narkoba  © 2019 brilio.net-foto: Instagram/@pnation.official

Pelantun Gangnam Style, PSY juga pernah terseret skandal narkoba pada 2001 silam. PSY terbukti memiliki dan menggunakan ganja. Akibat persoalan tersebut, pimpinan P Nation ini divonis penjara 25 hari dan denda.